Kades Danau Ganting Akan Kembangkan dan Terapkan Hasil Kaji Banding

BALI – Hasil kaji banding yang di Lakukan Dinas Sosial dan Pemerintahan Masyarakat Desa (DSPMD) Barito Selatan (Barsel) beserta Pemerintah Desa (Pemdes) mendapatkan respon positif dan akan diterapkan oleh Kepala Desa (Kades) Danau Ganting, Kecamatan Dusun Selatan (Dusel) Gapilon.

Menurut Kades, dengan di kunjunginya dua Desa Tegal Harum dan Desa Kasiman Kertalungu yang sukses mengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) pihaknya akan membangkitkan dan mengelola BUMDes Danau Ganting untuk dapat berkembang serta melihat potensi di daerahnya agar lebih maju.

“Banyak sekali dari hasil kaji banding kemarin yang bisa kita terapkan di Desa Danau Ganting. Seperti berbasis online dalam pembayaran, pelayanan. Karena, di era modernisasi seperti ini, hal ini sangat di perlukan,” ucap Kades Danau Ganting, Gapilon

Dikatakannya, pihaknya akan menerapkan hasil kaji banding yang telah di lakukan di Desa Danau Ganting. Karena, ilmu yang telah di dapat dalam kegiatan tersebut harus di ikuti jejaknya agar Desa Danau Ganting semakin maju.

“Saat kembali ke Danau Ganting ini akan kami kaji lagi dengan seluruh perangkat desa. Tapi saya meyakini, kemajuan dan perkembangan akan terjadi jika menerapkan hasil kaji banding kemarin,”terangnya.

Kemudian ditambahkannya, bahwa yang menjadi perhatian pihaknya, salah satunya saat mengunjungi Desa Penglipuran yang memiliki predikat Desa paling bersih di dunia.

“Itu sangat sangat bagus, saya melihat sendiri dan trobosan dari desa tersebut wajib di terapkan di Desa Danau Ganting,”paparnya.

Karena dalam sistem Desa Penglipuran, bahwa warganya terus melakukan gotong royong setiap seminggu dua kali untuk terus menjaga kebersihan desa nya. Kemudian dengan julukan itu menjadi daya tarik untuk menarik wisatawan dan memanfaatkan tenaga pengerajin lokal.

“Desa Penglipuran juga mengelola sampah secara mandiri, yaitu sampah plastik, basah maupun kaleng masing masing di kelola oleh masyarakat. Untuk itu, saya akan mencoba menerapkan seluruh yang saya dapatkan dalam kaji banding ini di Desa Danau Ganting,”,tutupnya.(mg11).

Total Page Visits: 99 - Today Page Visits: 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *