Rencana Jalan Khusus Truk Harus Lebih Diseriusi

SAMPIT – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Hairis Salamad mendorong, agar rencana jalan khusus untuk angkutan truk dan angkutan berat lainnya di wilayah Kecamatan Parenggean, harus benar-benar diseriusi penerapannya. Menurutnya, rencana jalan khusus tersebut telah digagas pemerintah kecamatan setempat.

“Saya mendorong camat dan semua
pihak terkait lainnya, khususnya dengan pemilik tanah untuk membahas ini agar bisa segera direalisasikan. Dengan begitu truk tidak perlu lagi melintasi jalan poros atau pusat Kecamatan Parenggean,” ujarnya, Selasa (13/4/2021).

Menurutnya, Parenggean merupakan kecamatan di wilayah utara yang aktivitas perekonomiannya sangat tinggi. Kecamatan ini memiliki potensi perkebunan kelapa sawit, pertambangan, perkayuan, perdagangan dan lainnya.

Namun selama ini truk-truk perusahaan melintasi jalan poros, termasuk kawasan pusat kecamatan. Padahal ujarnya, jalan tersebut sebenarnya tidak layak dilalui truk dan dump truk karena ramai aktivitas masyarakat.

“Tingginya aktifitas truk berdampak terhadap laju kerusakan jalan. Hal yang paling dikhawatirkannya, tingginya aktifitas truk-truk tersebut rawan memicu kecelakaan lalu lintas, karena ruas jalan tersebut banyak dilalui pelajar, pedagang dan masyarakat umum,” tegasnya.

Lanjutnya, sudah ada pertemuan dengan tokoh masyarakat dan aparatur pemerintah di Parenggean. Selain itu sudah disepakati membuka jalan lintas agar truk-truk tersebut tidak lagi masuk melintasi jalan dalam kota atau kecamatan.

“Jalan lintas itu dari lokasi SMA 1 Parenggean tembus ke belakang RS Pratama. Jalannya sudah ada tapi, karena masuk dalam IUP tambang, makanya perlu dibicarakan dengan pemilik lahan. Memang jalan itu, perlu ditingkatkan untuk diratakan. Tapi bisa ambil latrit di kiri dan kanan jalan sehingga bisa cepat selesai,” tukasnya.
(re)

Total Page Visits: 365 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *