Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat dengan Mendirikan BUMDes

PURUK CAHU – Bupati Murung Raya (Mura) Drs Perdie M Yoseph MA, mengimbau seluruh desa yang ada di wilayah tersebut, untuk mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), agar dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa, dengan usaha mandiri masing-masing.

Imbauan ini menurutnya bukanlah isapan jempol belaka, karena saat ini pemerintah daerah sedang fokus untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan (UMKM) dan memaksimalkan sektor potensi wisata, yang diyakini masing masing desa memiliki potensi tersebut.

“Dengan adanya langkah memaksimalkan peran BUMDes, merupakan salah satu langkah strategis dari empat desa tersebut, untuk meningkatkan perekonomian didesanya masing-masing,” kata Perdie belum lama ini.

Perdie mengharapkan, pelatihan BUMDes ini tidak hanya berhenti sampai disitu. Namun, direalisasikan oleh setiap pemerintah desa dan dikawal oleh pihak pendamping desa. Dirinya juga akan menginstruksikan kepada dinas teknis yang membawahi desa, untuk merealisasikan kegiatan serupa disetiap kecamatan.

“Saya akan instruksikan kepada seluruh desa, untuk melaksakan kegiatan serupa, agar meningkatkan perekonomian disetiap desa dengan memanfaatkan Dana Desa (DD) dengan BUMDes,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, ha ini juga merupakan arahan dari Kementrian Desa, agar desa ada didirikan BUMDes dengan menggunakan dana desa.

“Saat ini masih banyak desa yang telah memiliki kepengurusan BUMdes, namun belum menjalankannya. Tahun ini kami harapkan bersamaan dengan program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh pemda setempat, kegiatan BUMdes dapat mulai berjalan,” harapnya.

Dengan berjalannya program dan kegiatan dari BUMdes itu sendiri, harapannya kedepan dapat meningkatkan sektor PAD desa dan otomatis meningkatkan perekonomian masyarakat desa setempat.

“Kita akan terus dorong para perangkat desa untuk bisa menjalankan program ini, sesuai dengan pentunjuk teknis dan pelaksanaan berdasarkan aturan dan perundang undangan yang menaungi BUMdes tersebut,” pungkasnya. (udi)

Total Page Visits: 574 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *