Tomas dan Todat Punya Peran Penting Dukung Iklim Investasi

PURUK CAHU – Tokoh masyarakat (Tomas) dan Tokoh Adat (Todat) di setiap desa, mempunyai peran penting dalam sukseskan jalannya iklim investasi, dengan bersinergi bersama masyarakat dan investor.

Hal ini disampaikan Bupati Kabupaten Murung Raya (Mura) Drs Perdei M Yoseph,MA saat membuka Rapat koordinasi (Rakor) audensi Kepala Desa (Kades), ketua BPD dan Mantir Adat dengan Pemkab Murung Raya. Dalam rangka persiapan penambangan, salah satu perusahaan di wilayah Kecamatan Laung Tuhup dan Batura, Mura, Senin (15/02) bertempat di GPU Tira Tangka Balang Puruk Cahu.

Bupati menyampaikan, terima kasih serta penghargaan atas kehadiran semua pihak dan niat baik perusahaan, untuk berkomunikasi berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

“Saya jujur selama saya jadi Bupati Murung Raya 7 tahun ini, relatif jarangĀ  perusahaan-perusahaan melakukan hal seperti ini, yang melibatkan semua pihak menyampaikan kelengkapan baik surat izin usaha produksi, lokasi AMDAL dan lainnya,” ungkap Perdie.

Bupati dua periode ini juga meminta, kepada Kades beserta jajaran maupun mantir adat, untuk mengurangi resitensi serta potensi masalah di lapangan, yang dapat mengganggu kegiatan pihak perusahaan.

Lanjutnya, juga masalah rekrutmen tenaga kerja untuk lingkungan desa di daerah ring 1, ring 2 hingga ring 3, untuk bisa direkrut berdasarkan kualifikasi dan kebutuhan perusahaan.

“Meskipun komposisi jumlah tenaga kerja sudah diatur dalam Perda, tentang tenaga kerja yakni 70 persen tenaga lokal dan 30 persen tenaga luar,” timpal Perdie.

Tak lupa bupati meminta, kepada pihak perusahaan untuk memberikan pelatihan kepada warga desa binaan.

“Sehingga tenaga kerja dari warga lokal bisa terserap, contohnya pelatihan operator,” tukasnya.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh, Kapolres Mura AKBP I Gede Putu Widyana, Kajari Mura Suyanto SH, Dandim 1013/Mtw Letkol Kav Rinaldi Irawan M.Han dan ketua DPRD Mura Doni dan Waket II DPRD Mura Rahmanto. Camat Laung Tuhup Supriadi USU, Danramil Laung Tuhup Kapten Zulkifli, Kadis Nakertrans H Fajarudiinoor serta undangan dari pejabat Mura. (udi)

Total Page Visits: 505 - Today Page Visits: 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *