Masyarakat Mesti Waspada Banjir

KUALA KURUN – Di musim penghujan seperti sekarang ini, sangat rawan seperti banjir dan lainnya seperti di Kabupaten Gunung Mas (Gumas). Sebab diawal Tahun 2021 ini curah hujan meningkat. Maka dari itu, Pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gumas mengimbau kepada masyarakat mesti meningkatkan kewaspadaan sejak dini.

“Di daerah kita saat ini sudah berada di musim penghujan, karena itu kami mengimbau dan meminta dengan masyarakat khususnya di Gumas, harus ada kewaspadaan dalam menghadapi banjir, apalagi dampaknya bisa terjadi penyakit,” ucap Wakil Ketua I DPRD Gumas Binartha, Kamis (21/1/2021).

Politisi dari partai berlambang pohon beringin ini menuturkan, sasaranya yakni desa yang terletak dipingiran sungai Rungan dan Kahayan, rentan mengalami banjir. Sebab hampir setiap tahun, kalau memasuki musim penghujan dipastikan debit air meningkat tentunya imbas dari air meluap.

“Akibat dari hujan terus menerus inilah yang bisa berdampak banjir terutama rumah warga yang ada di pingiran sungai Kahayan dan Sei Rungan maka harus adanya kewaspadaan dini, apabila kebanjiran otomatis berdampak pada kesehatan masyarakat seperti penyakit diare dan lainnya,” sebutnya.

Legislator dari Dapil-II meliputi lima distrik seperti Kecamatan Rungan Hulu, Rungan Barat, Rungan, Manuhing Raya dan Manuhing ini menambahkan, pemerintah harus bisa memberikan imbauan sejak dini kepada warga melalui instansi terkaitnya dalam hal ini BPBD.

“Sedangkan untuk mengantisipasi akan dampaknya banjir itu, yang perlu dipersiapkan rangka penanganan, mereka harus menyiapkan atau mendirikan tenda untuk posko evakuasi warga yang terkena dampak banjir,” harap dia. (krn/VB)

Total Page Visits: 502 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *