Wakil Ketua II Dukung Pemkab Kembangkan Produk Lokal Unggulan

BUNTOK – DPRD Barito Selatan (Barsel) mendukung upaya pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat untuk mengembangkan produk lokal unggulan yang ada di daerah itu.
“Karena di daerah ini ada sejumlah produk lokal unggulan yang bisa untuk dikembangkan,” kata Wakil ketua DPRD Barito Selatan, Hj Enung Irawati saat dihubungi melalui telepon selulernya, Kamis (14/1).
Adapun potensi produk unggulan lokal yang ada dan bisa dikembangkan di daerah ini lanjut dia, banyak diantaranya seperti ikan dan jagung yang mana produksinya dalam setiap tahun selalu surplus.
Kemudian lanjut dia, produk unggulan lokal lainnya yakni nenas parigi dan sejumlah komoditi lainnya yang sudah terdaftar di Kementerian Pertanian Republik Indonesia sebagai produk unggulan lokal asal Barito Selatan.
“Produk unggulan lokal yang ada di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini perlu terus untuk dikembangkan,” ucap politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Barito Selatan itu.
Sebab menurut wanita cantik itu, dengan dikembangkannya produk-produk unggulan lokal tersebut akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah ini.
Sedangkan untuk pelaku usaha yang dapat mengembangkan produk unggulan lokal yang ada di Barito Selatan ini kata dia, jumlahnya cukup banyak.
“Berdasarkan data, jumlah pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di daerah ini tercatat sebanyak 241 UMKM,” jelasnya.
Untuk itu, Enung Irawati berharap kepada Pemerintah kabupaten Barito Selatan agar terus melakukan pembinaan dan pelatihan kepada pelaku UMKM ini.
“Pembinaan itu sangat penting dilakukan dalam upaya meningkatkan wawasan, pengetahuan dan mutu dari produk unggulan lokal yang akan dikembangkan oleh pelaku UMKM, sehingga produk unggulan lokal yang akan dikembangkan nantinya dan bisa dipasarkan, baik didalam daerah maupun diluar daerah ini,” pungkasnya.(S2)
Total Page Visits: 284 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *