Ketahanan Pangan Harus Diperkuat Untuk Tingkatkan Perekonomian

SAMPIT – Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Syahbana, mendukung pemerintah daerah untuk memperkuat ketahanan pangan, hal ini berangkat dari rencana pemerintah yang mengatakan akan memperkuat sektor ketahanan pangan.

“Sektor ketahanan pangan yakni pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan memang harus dikuatkan. Karena hal ini bisa menjadi produk unggulan Kotim sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya kepada Voice Borneo, Senin (4/1)

Tambahnya, upaya meningkatkan ketahapan pangan tersebut diharapkan mampu untuk mempercepat perbaikan kondisi ekonomi masyarakat dan ekonomi di daerah secara umum.

“Fomusliasi penguatan ekonomi yang paling tepat itu dimulai dari optimalisasi sekaligus pemberdayaan dari pemerintah daerah untuk usaha pertanian, perkebunan rakyat, peternakan, perikanan, hingga kepada pemasarannya, dengan begitu saya anggap bisa berjalan dengan cepat untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19 ini,” ungkapnya.

Karena menurutnya, hampir setengah penduduk Kotim berkecimping dibidang perkebunan kelapa sawit, dimana tidak kurang dari 5000 orang. Sementara itu juga di bidang perkebunan karet dan rotan ini jumlahnya diperkirakan sekitar 50 ribu orang yang bergantung disektor tersebut.

“Bahkan di Kecamatan Cempaga, Cempaga Hulu, Kota Besi, hingga kearah Parenggean dan pelosok masih banyak saudara kita bekerja dan bertahan disektor usaha rotan dan karet,” sebutnya.

Lebih lanjut ujarnya, pertanian di wilayah Selatan dan Tengah juga banyak bergelut dengan usaha tersebut. Potensi yang luar biasa kini terus dikembangkan masyarakat untuk bertahan hidup.

“Tahun 2021 ini kita harus optimis untuk kebangkitan ekonomi disegala bidang. Terlebih lagi setelah di tahun 2020 perekonimian sangat terpuruk, sehingga tahun 2021 ini kita harus bangkit,” demikiannya.(re)

Total Page Visits: 567 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *