Antisipasi ‘Nyasar’ Dewan Minta Data Lengkap Penerima Insentif Nakes

BUNTOK – Jajaran DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), meminta kepada pihak eksekutif untuk menyiapkan data lengkap, terkait siapa saja yang berhak menerima dana insentif, untuk tenaga kesehatan (Nakes) yang turut ikut menangani Covid-19 di wilayah tersebut.

Lantaran, pemerintah daerah Barsel, mendapatkan dana tambahan dari Dana Alokasi Khusus (DAK), pada Dinas Kesehatan. Untuk pembayaran insentif tenaga kesehatan penanganan Covid-19 sebesar Rp.1,95 miliar.

“Karena ini ada kriteria dan kategorinya, maka kami minta kepada kawan-kawan di eksekutif, agar menyiapkan data lengkap,” kata Ketua DPRD Barsel, Ir HM Farid Yusran,MM kepada awak media usai memimpin rapat bersama tim anggaran Pemda dan Dinas Kesehatan, Selasa (25/8).

Ia menjelaskan, data lengkap yang dimaksud yaitu, siapa yang berhak menerima insentif tersebut, serta kriteria penerima bagaimana. Karena hal demikian memiliki petunjuk teknis (Juknis), dalam penyaluran dananya.
Sambungnya, penyaluran dana insentif tersebut bukan seperti proyek untuk satu tahun. Sehingga apabila dana tersebut tidak habis disalurkan kepada tenaga kesehatan, maka masih dapat disalurkan pada tahun berikutnya.

“Pandemi Covid-19 ini kan kita tidak tahu kapan berakhirnya. Sehingga penyaluran dananya bisa disalurkan pada tahun berikutnya, apabila memang dananya masih tersedia,” terangnya.

Ia menambahkan, karena saat rapat tim anggaran Pemda dan Dinas Kesehatan tidak ada rinciannya, maka rapat diskors selama satu minggu mendatang.

“Hal tersebut, untuk memberikan waktu kepada eksekutif mempersiapkan data dan rinciannya,” pungkasnya. (jms)

Total Page Visits: 568 - Today Page Visits: 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *