Potensi Peternakan di Kotim Belum Dibangun Maksimal

SAMPIT, VOICEBORNEO.COM – Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Parimus mendorong, agar pembangunan protein hewani di Kotim berjalan sesuai dengan potensi.

Pasalnya menurutnya, selama ini potensi itu tidak digarap dan dimaksimalkan di Kotim ini. Padahal peluang usaha tersebut sangat besar.

“Kami sudah berkunjung dan melihat bagaimana suksesnya pekembangan ternak sapi di Kabupaten Kobar, dan ini sangat bisa dicontoh, karena potensi peluang itu semuanya ada di kabupaten kita ini,”kata Parimus, Rabu 16 Februari 2022.

Parimus menyebutkan, persoalan yang dihadapi dalam pengembangan peternak sapi di Kotim itu diantaranya mengenai modal.

Banyak peternak mengakui lemahnya akses ke permodalan membuat mereka menyerah untuk pengembangan Sapi.

Menurutnya, beternak sapi ini tidak bisa dianggap hanya sekadar kerjaan sampingan, tetapi memang harus ditekuni dan dikelola dengan baik. Namun hal itu bisa diatasi apabila memang ada akses permodalan hingga kemudahan lainnya.

“Solusinya juga bisa dengan sebuah keharusan menjabarkan program KUR Inti plasma (avalis) untuk masyarakat luas,”tegasnya.

Dijelaskan Parimus juga, untuk mensukseskan program tersebut sebaiknya dilakukan pembinaan dan penguatan sumber daya manusia peternak itu sendiri.(Red)

Total Page Visits: 289 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *