Tahun 2022, Pemkab Kotim Harus Alokasikan Anggaran Memadai Sektor Perikanan

SAMPIT, VOICEBORNEO.COM – Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Syahbana mendorong agar di tahun anggaran 2022 Pemkab Kotim bisa mengalokasikan anggaran yang memadai untuk sektor perikanan.

Menurutnya, dengan kebijakan mempersiapkan penyediaan alat tangkap ikan dan kolam ikan untuk budi daya.

“Anggaran untuk perikanan itu harus mendapatkan dukungan pagu, karena selama ini pengembangan itu saya lihat masih kurang maksimal. Ternyata setelah ditelusuri salah satunya kekurangan anggaran,” kata Syahbana pada Kamis, 13 Januari 2022.

Syahbana berharap di tahun 2022 ini anggaran dari pemerintah lebih fokus membantu masyarakat dalam bidang perikanan termasuk juga untuk pertanian dan peternakan.

“Seperti penyediaan bibit pertanian dan juga peternakan. Pemerintah bisa membantu mengembangkan usaha pertanian dan peternakan dengan memberi bantuan bibit,” ujarnya.

Meski demikian, dirinya mengaku saat ini masalah yang dihadapi bukan cuma kekurangan bibit namun juga kekurangan Sumber Daya Manusia atau SDM yang mampu mengelolanya.

“Pemerintah bisa memberikan bibit bantuan namun tidak mengesampingkan untuk membina sumber daya manusianya, jangan hanya semata memberi bantuan namun harus ada pengelolaan SDM juga. Bantuan di imbangi dengan penyuluhan,” sebutnya.

Lanjutnya, dengan adanya bantuan bibit potensi untuk berkembang lebih besar, ditambah ada SDM yang memadai. Dirinya juga menilai, saat ini kebanyakan penempatan pekerja di instansi terkait tidak sesuai bidang keahliannya.(Red)

Total Page Visits: 252 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *