Bangun Sentra Pertanian Berbasis Agro Wisata, Sangat Perlu Dukungan DPRD

PURUK CAHU – Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura) melalui Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan (Distanikan) berencana akan mengusulkan program pembangunan sentra pertanian berbasis agro wisata di wilayah Kecamatan Tanah Siang.

Kepala Distanikan Pujo Sarwono mengatakan, program ini merupakan rencana besar yang dipersiapkan pihaknya selaku dinas teknis, untuk membangun sebuah lokasi pertanian khusus tanaman buah-buahan khas daerah. Yang dikembangkan secara khusus dengan teknologi kekinian yang dikonsep agro wisata.

“Kami berharap dukungan dari seluruh pihak khususnya DPRD khususnya untuk tahun anggaran 2022 yang akan datang. Saat ini dokumennya masih disiapkan seluruhnya nanti disajikan secara komprehensif untuk dipresentasikan,” kata Pujo sapaan akrab Kadistanik Mura saat dibincangi di ruang kerjanya, Rabu (2/6).

Mantan Kepala Badan Lingkungan Hidup ini memaparkan latar belakang dari program yang akan diusulkannya tersebut. Menurutnya, konsep tersebut berbasiskan kearifan lokal masyarakat setempat. Sehingga jika dipadukan dengan inovasi dan teknologi akan mampu menciptakan sebuah lokasi agro wisata yang khas asli Murung Raya secara khusus dan Kalimantan Tengah secara umum.

“Komoditi tanaman buah buahan lokal nanti yang akan kita kembangkan seperti jenis durian, manggis, Karantungen, Tanggaring, Siwaw, Katapi yang merupakan buah-buahan lokal yang nantinya akan kita olah di balai holtikultura yang kita miliki,” paparnya lagi.

Selain akan ada sentra buah buahan, di lokasi yang berjarak sekitar 8 sampai 15 kilo dari ibukota Puruk Cahu ini didukung dengan lokasi lokasi yang berpotensi menarik kunjungan wisatawan.

“Kami siap secara teknis dan tenaga lapangan. Juga dalam pelaksanaannya nanti siap bersinergi dengan SOPD lainnya,” imbuhnya.

Total Page Visits: 554 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *