Sekda Baru Diyakini Bisa Jalin Keharmonisan Eksekutif dengan Legislatif

SAMPIT – Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Handoyo j Wibowo mengakui, gaya komunikasi Fajurrahman selaku Sekretaris Daerah (Sekda) yang baru di Kotim ini akan membuat antara eksekutif dan legislatif harmonis.

Menurutnya, langkah Bupati Kotim Halikinnor menunjuk Pejabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) yakni Fajurrahman dianggap tepat. Menurutnya, pejabat tersebut mampu menjalin koordinasi dan komunikasi baik dengan lembaga DPRD Kotim.

“Diangkatnya Pj Sekda Kotim Fajurrahman ini saya kira pilihan tepat dan bupati pastinya punya pertimbangan tersendiri mengangkat hal itu. Bahkan saya prediksi sampai ke definisitf nanti memang sudah tepat yang bersangkutan ini menduduki kursi Sekda Kotim,” ujarnya, Selasa (25/5/2021).

Politikus Partai Demokrat ini mengatakan, posisi sebagai sekda merupakan kunci bagaimana agar harmonisasi kedua lembaga itu bisa berjalan.

Menurutnya, jika hubungan antara eksekutif dan legisltif kurang baik maka akan kerap terjadi gesekan. Sementara eksekutif dalam berbagai kebijakan strategis perlu melibatkan lembaga DPRD.

“Pj sekda ini saya lihat gayanya tidak kaku dan tidak keras sendiri. Apabila Sekda sebagaimana merupakan interprestasi kepala daerah sudah keras dan kaku, maka alamat gesekan politik dengan lembaga DPRD pasti terjadi,”tegasnya.

Dikatakannya Handoyo, gaya komunikasi dan koordinasi kepala daerah saat ini bisa merupakan awal pencairan hubungan dan harmonisasi di lembaga tersebut.
(re)

Total Page Visits: 291 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *