Pemda Harus Segera Belanjakan APBD Kotim

SAMPIT – Anggota Fraksi PartaiGerindra DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Juliansyah mendorong, pemerintah daerah untuk segera membelanjakan APBD Kotim.

Hal ini sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo yang menyebutkan masih banyak anggaran yang tidak dibelanjakan dan dibiarkan mengendap di rekening kas daerah.

“Kami mendorong agar apa yang sudah direncanakan untuk kegiatan belanja segera direalisasikan, jangan lagi ditunda-tunda, mengingat ini pertumbuhan ekonomi kita masih merangkak pelan,” kata Juliansyah, Rabu (5/5/2021).

Juliansyah menyebutkan, paling awal dari pemulihan ekonomi ada di percepatan belanja daerah. Seperti tunjangan ASN dan lain sebagainya, jika memang sudah tersedia anggaran maka harus sesegera mungkin dicairkan. Dengan dilakukannya pencairan, maka akan terjadi siklus perputaran ekonomi yang cukup menguntungkan.

”Prinsipnya, ekonomi ini harus jalan, apalagi atensi dari Presiden RI adalah pemulihan ekonomi, yang harus dilakukan bersama-sama, kalau memang tersedia anggarannya, segera dibelanjakan, bayarkan tunjangan-tunjangan yang masih ditunggu-tunggu ASN,” ujarnya.

Menurutnya, konsep di pemerintahan tentunya bukan sebuah prestasi jika anggaran yang disediakan itu tidak dibelanjakan, karena ekonomi akan stagnan jika pola pikir demikian tetap dipertahankan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan Pemerintah Daerah (Pemda) yang dinilai belum optimal membelanjakan anggaran. Padahal, belanja Pemda diharapkan sebagai salah satu yang mendorong demand side dalam pemulihan ekonomi.
(re)

Total Page Visits: 497 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *