Pembangunan Kantor Kedamangan di Usulkan ke Dewan

KUALA KURUN – Di pelaksanaan reses Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) yang berasal dari daerah pemilihan (dapil) II beberapa waktu yang lalu, seluruh damang disana mengusulkan untuk pembangunan kantor kedamangan.

“Pada pelaksanaan reses di dapil II mencakup Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya, semua damang menyampaikan usulan untuk pembangunan kantor kedamangan,” ucap Anggota DPRD Kabupaten Gumas Riantoe, Rabu (24/3/2021).

Ia mengakui, damang di dapil II memang belum memiliki kantor kedamangan. Selama ini, mereka menumpang di berbagai kantor milik pemerintah, seperti di kantor kecamatan. Contohnya, Kedamangan Rungan menggunakan bangunan kantor kecamatan lama. Disitu, mereka menumpang bersama dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Kita juga ada menerima usulan terkait kenaikan insentif untuk para mantir kecamatan dan kelurahan. Sedangkan untuk mantir desa, ada dana tersendiri dari pemerintah desa yang terbilang cukup lumayan,” ujarnya.

Sejauh ini, jelas dia, dari kedamangan dan mantir telah mampu menjalankan tugasnya dengan baik meskipun dengan segala keterbatasan, seperti tidak memiliki kantor tetap dan intensif yang tidak seberapa besar.

“Karena keterbatasan dana dan insentif yang mereka terima, kami mohon kepada damang dan mantir agar bersabar,” jelas Politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) ini.

Dia mengatakan, sekarang ini sedang terjadi pandemi Covid-19, yang membuat anggaran banyak terserap untuk menangani permasalahan itu. Diharapkan pandemi segera berakhir, sehingga anggaran dapat difokuskan sepenuhnya untuk pembangunan.

“Mudah-mudahan pandemi Covid-19, dan anggaran kita kembali stabil. Namun yang pasti, usulan mereka tetap kami perhatikan,” demikian Riantoe. (KR)

Total Page Visits: 777 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *