Pemdes Tumbang Hakau Gunakan DD Tahun 2021, Untuk Ini

KUALA KURUN – Dengan adanya kucuran Dana Desa (DD)  dan ADD (Alokasi Dana Desa) sekitar Rp.1 miliar lebih itu dari pemerintah pusat dan daerah ke desa-desa yang ada khususnya, di Kabupaten Gunung Mas (Gumas). Misalnya, Pemerintah Desa (Pemdes) Tumbang Hakau, Kecamatan Kurun akan menganggarkan untuk pemberdayaan, pembangunan dan penyaluran (BLTD) bantuan langsung tunai desa.

 

Kepala Desa (Kades) Tumbang Hakau Ampung H Naung mengatakan, bahwa pihaknya sudah melakukan validasi dan verifikasi data masyarakat yang akan disalurkan BLTD. Yang mana, data (KPM) keluarga penerima manfaat harus sesuai petunjuk dari kementrian pusat.

 

“Kalau dana sudah bisa kita cairkan dana dari DD ini, seperti untuk menyalurkan BLTD bagi keluarga miskin, keluarga tidak mampu, terlebih lagi keluarga yang memiliki penyakit sudah lama. Setelah itu, untuk pemberdayaan dan pembangunan,” ucap Ampung H Naung, saat dibincangi, Jumat (26/2/2021).

 

Sedangkan penerima manfaat, jelas dia, di tahun 2021 ini sekitar puluhan lebih orang, kalau nilainya sekitar Rp.300 ribu dilakukan perbulan. Sehingga, dilakukan sesuai petunjuk teknis yang ada. Selain itu, penyalurannya sesudah diposting anggaran dari APBDes.

 

“Kalau jumlah KK yang akan menerima BLTD sebanyak 58 KK dengan nilai perbulan Rp.300 ribu, untuk penyaluran sesudah anggaran sudah ada dan bisa dicairkan,” ujarnya.

 

Kades yang pernah mejabat sudah tiga kali ini menuturkan, selain itu pengunaan seperti pembangunan itu untuk melanjutkan program kerja di tahun 2020 lalu, melanjutkan pembangunan taman milik desa.

 

Sedangkan lainya, jelas dia, seperti Bumdes (badan Usaha Milik Desa) yang bergerak dibidang penyaluran minyak bagi warga di Desa Tumbang Hakau. Sehingga, dapat memberikan peluang usaha bagi warga, terlebih mengurangi angka penganguran.

 

“Bumdes kita di sini seperti agen penyalur minyak, sedangkan pekerjanya juga dari desa. Kalau pembangunan yaitu melanjutkan program bangun untuk taman,” tandas dia. (Krn)

Total Page Visits: 766 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *