Sektor Rotan Menggeliat Harga di Kotim Mulai Stabil

SAMPIT – Tidak sedikit masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), mengais rezeki sebagai petani rotan. Sehingga harga rotan sangat mempengaruhi kesejahteraan sejumlah masyarakat di Kotim.

Anggota DPRD Kabupaten Kotim Abdul Kadir mengatakan, saat ini harga rotan sudah cukup stabil, sehingga penghasilan petani juga lumayan.

“Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, rotan merupakan salah satu komoditas yang bisa menyelamatkan perekonomian masyarakat lokal, agar mampu bertahan,” bebernya, Senin (8/2/2021).

Dikatakannya juga, saat ini harga rotan Rp 4000 per kilogram. Sehingga saat ini, petani banyak yang memanen untuk dijual.

“Mudah-mudahan selalu stabil. Apalagi kalau harganya sampai Rp4.500, ini sangat menguntungkan bagi petani kita,” ucap Politikus Golkar ini.

Bahkan ujarnya, banyak warga di daerah pemilihan yang diwakilinya, yaitu Kecamatan Baamang dan Seranau yang merupakan petani, perajin dan pelaku usaha rotan. Apalagi ujarnya, sektor rotan masih menjadi andalan penghasilan sebagian masyarakat Kotim.

“Sektor ini terpuruk ketika pemerintah pusat melarang ekspor rotan mentah, pada akhir 2011 lalu. Kini sektor rotan mulai menggeliat dan diharapkan terus membaik. Sehingga diharapkan membawa kesejahteraan bagi masyarakat. Harga Rp4.000 ini cukup masuk hitungan dan menguntungkan,” tutupnya. (re)

Total Page Visits: 508 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *