Menuju Smart City, Barsel Kembali Raih Penghargaan Nasional

JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) bersama dengan 49 Kabupaten/Kota se-Indonesia, menerima penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) atas keikutsertaan dalam Program Gerakan Menuju Smart City 2023.

Penghargaan ini diberikan kepada 50 kabupaten/kota yang berhasil menyusun rencana induk pembangunan berbasis kota cerdas, yang diharapkan dapat menjawab tantangan dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat sekaligus memaksimalkan potensi masing-masing wilayah.

Kegiatan Forum Smart City Nasional 2023, Pameran, dan Awarding Gerakan Menuju Smart City tahun 2023, yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia, digelar di Nusantara Hall Indonesian Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Provinsi Banten, pada Kamis (7/12/23) lalu.

Penyerahan penghargaan diberikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, dan diterima langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Barsel, Dr H. Deddy Winarwan.,M.Si

Penghargaan ini adalah penghargaan tingkat nasional yang ketiga diterima oleh Pemkab Barito Selatan di bawah kepemimpinan Pj Bupati Deddy Winarwan.

Sebelumnya Pemkab Barito Selatan mendapatkan Penghargaan dari Wakil Presiden RI dalam Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem, serta penghargaan dengan predikat nilai B atau Baik dalam Hasil Evaluasi SAKIP, Reformasi Birokrasi, dan Zona Integritas (ZI) dari Kementerian PANRB.

Untuk Provinsi Kalimantan Tengah, ada dua daerah yang memperoleh penghargaan ini yaitu Kabupaten Barito Selatan dan Kota Palangkaraya.

Budi Arie Setia dalam siaran persnya menjelaskan bahwa tahun ini, setelah melalui assessment, 50 kota/kabupaten dan 2 provinsi terpilih bersama dengan 17 kota/kabupaten yang mengajukan Proposal Business Matchmaking.

“Telah mengajukan Proposal Business Matchmaking untuk fasilitasi pembangunan infrastruktur Smart City, melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU),” ujar Budi.

Penghargaan tersebut diberikan kepada 50 kota dan kabupaten yang berhasil menyusun rencana induk pembangunan berbasis kota cerdas, yang diharapkan dapat menjawab tantangan dalam meningkatkan taraf hidup warga sekaligus memaksimalkan potensi masing-masing wilayah, tambahnya lagi.

Gerakan Menuju Smart City sendiri adalah inisiatif yang digulirkan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI untuk mendorong pengembangan kota dan kabupaten cerdas di seluruh Indonesia.

Melalui gerakan ini, pemerintah kota dan kabupaten dibimbing untuk menyusun sebuah rencana pembangunan komprehensif berbasis enam dimensi kota cerdas, mulai dari smart governance, smart branding, smart economy, smart society, smart living, dan smart environment, ungkap Budi.

“Gerakan Menuju Smart City adalah bagian penting dari visi besar Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dalam mewujudkan peningkatan infrastruktur digital, ekosistem digital, serta SDM dunia digital di Indonesia, dengan begitu, kita sebagai bangsa semakin siap memasuki era digital kedepan,” pungkasnya.

“Alhamdulillah pada hari ini, Pemerintah Kabupaten Barito Selatan bersama dengan pemerintah Kota Palangkaraya mewakili Kalimantan Tengah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kominfo dalam Kegiatan Gerakan Menuju Smart City,” ucap Pj.Bupati Barsel Deddy Winarwan.

Sambungnya, tentu saja penghargaan tersebut menjadi kado terindah untuk seluruh stake holder yang di Kabupaten Barito Selatan dan tentu saja untuk memajukan kinerja pemerintah, untuk terus hadir dalam melayani masyarakat.

“Kami persembahkan penghargaan ini kepada seluruh masyarakat Barsel, bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus agar terus maju dan berkembang,” tutup Deddy.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfo Barsel Mario Aan mengatakan Ini merupakan sesuatu yang positif dan tentunya harus menjadi semangat kita untuk mengimplementasikan dokumen ini, menuju kota cerdas di wilayah Barsel. Dokumen Smart City ini akan menjadi bagian dari perencanaan pembangunan di Barsel.

“Tentu capaian ini bisa didukung seluruh stake holder sehingga bisa tercapai sesuai dengan harapan kita bersama,” pungkasnya.

Turut hadir mendampingi pada acara tersebut Kepala Bappeda Barsel Jaya Wardhana dan Kepala Dinas PUPU Barsel Ita Minarni.(tim)

Total Page Visits: 1597 - Today Page Visits: 4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *