Pemasaran Produk Pertanian Harus Ditingkatkan

PURUK CAHU – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Kabupaten Murung Raya (Mura), Rahmanto Muhidin mengatakan bahwa hasil pertanian, khususnya di Kabupaten Murung Raya cukup melimpah terutama produk-produk pertanian.

Namun, kata Rahmanto masih ditemukan beberapa kendala, salah satunya pada aspek pemasaran.

“Untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya peningkatan pada aspek pemasaran, yakni dengan cara swa kelola, melakukan pemasaran melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang ada di masing-masing Pemerintah Desa (Pemdes) setempat, ” kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mura dari Partai PKB ini (3/9).

Anggota DPRD Kabupaten Murung Raya dari Dapil Murung Raya 2 yang meliputi Kecamatan Barito Tuhup Raya, Laung Tuhup dan Tanah Siang ini mengharapkan itu menyampaikan bahwa terkait bidang pertanian, terutama pemasaran produk-produk hasil pertanian harus semakin ditingkatkan, kita harus mendorong masyarakat desa agar swakelola, contohnya melakukan pemasaran melalui Bumdes, mengingat salah satu tujuannya untuk meningkatkan perekonomian rakyat, ” katanya belum lama ini.

Oleh karena itu, sambung Rahmanto, ia berharap, masyarakat Kabupaten Murung Raya tentunya bisa semaksimal mungkin dalam menjalankan roda perekonomian pedesaan terutama bidang pertanian memang harus melalui Bumdes, juga mengoptimalkan potensi sumber daya alam untuk kebutuhan masyarakat serta menjadi alat pemerataan dan pertumbuhan ekonomi desa bagi masyarakat.

“ Masyarakat pelaku usaha kecil menengah (UMK) harus memaksimalkan keberadaan Bumdes ini menjadikan mitra dalam menjalankan roda usahanya baik dibidang pertanian maupun bidang usaha lainnya sehingga diharapkan jaringan pemasangan akan semakin menjagaku lebih luas lagi, ” imbuhnya.

Rahmanto berharap kepada pemerintah daerah Kabupaten Mura melalui dinas terkait agar terus memberikan pembinaan dan pelatihan kepada para pelaku usaha kecil menengah (UMK) sehingga kelangsungan usahanya akan lebih maju dan berkembang.

” Saya berharap kepada Pemkab Mura melalui dinas terkait agar terus memberikan pendampingan dan pembinaan sehingga keberadaannya kedepan lebih maju dan berkembang, ” pungkasnya. David

Total Page Visits: 78 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *