Disdukcapil Mura Gelar Uji Publik Standar Pelayanan Yang Responsif

PURUK CAHU, Voiceborneo.com – Dalam rangka meningkatkan mutu penyelenggaraan pelayanan publik, Dinas Kependudukkan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Murung Raya (Mura) menggelar Uji Publik Standar Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Murung Raya yang Responsif.

Uji Publik Standar Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Murung Raya dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Murung Raya (Mura) Drs. Hermon, M.Si, bertempat di aula gedung B kantor Bupati Murung Raya, Kamis (16/03/2023).

Hadir dalam kesempatan ini Kepala Disdukcapil Kabupaten Mura Regita, SP.,MM, Wakapolres Mura Polda Kalteng Kompol Syamsurizal Prima, narasumber dari dosen Universitas Palangka Raya, sejumlah Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemkab Mura, camat, pejabat terkait, tokoh agama dan masyarakat, serta tamu undangan lainnya.

Sekda yang mewakili Bupati Mura memaparkan bahwa, untuk melahirkan pelayanan publik yang prima, dalam memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat dengan cepat dan tepat, tentunya tidak akan terjadi begitu saja.

“Diperlukan komitmen, kebersamaan, serta sinergitas semua pihak, memerlukan ikhtiar secara berkelanjutan, disiplin yang panjang, transformasi sistem, transformasi tata kelola, perubahan pola pikir dan perubahan budaya kerja, maupun mengubah kebiasaan dilayani menjadi melayani,” jelasnya.

Dia juga menekankan kepada perangkat daerah penyelenggara pelayanan publik bahwa tidak bisa lagi bekerja biasa-biasa saja, mulai saat ini harus segera mengubah cara berpikir, cara merespons dan cara bekerja. Orientasinya harus hasil dan berdampak.

“Kita harus memanfaatkan lebih banyak teknologi atau digitalisasi pelayanan untuk melakukan tugas-tugas pelayanan publik, harus menjadi budaya kerja yang baru untuk dijalankan, guna mengimbangi tuntutan masyarakat agar pelayanan publik kita semakin berkualitas,” kata Hermon.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kab.Mura Regita menerangkan, reformasi birokrasi yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah tidak dapat dimungkiri bahwa bergerak secara dinamis mengikuti perkembangan zaman terlebih dalam era globalisasi.

Pelayanan publik tidak mampu berdiri sendiri tanpa disokong oleh keinginan yang kuat dari kita sendiri dan dari kita seluruh masyarakat Indosesia untuk membawa perubahan kearah yang lebih baik agar apa yang menjadi harapan masyarakat dalam menjalankan pelayanan publik dapat kita wujudkan semangat revolusi mental tidak boleh padam agar masyarakat tidak kehilangan harapan dan kepercayaan kepada Pemerintahan,” kata Regita.

“Uji publik adalah melakukan penilaian terbuka terhadap implementasi keterbukaan yang dijalankan oleh badan publik yang bertujuan untuk meningkatkan kategori dan peningkatan keterbukaan informasi badan publik,” tandasnya. (Red).

Total Page Visits: 134 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *