Pj Bupati Barsel Resmikan Penyaluran 10 Ribu Paket Sembako ke 44 Desa Terdampak Banjir

BUNTOK, – Penjabat Bupati Barito Selatan (Barsel) meresmikan penyaluran sebanyak 10 ribu paket sembako di 44 Desa di lima kecamatan yang terdampak banjir di wilayah tersebut.

Pj Bupati Barsel Lisda Arriyana Sos mengatakan, bahwa dalam rangka meringankan beban masyarakat yang terkena dampak banjir di lima kecamatan dan 44 desa. Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran memberikan bantuan sebanyak 10.000 Paket Sembako.

Dimana, dalam satu paket berisi beras 10 Kg dan logistik berupa Kopi, biskuit dua bungkus, sarden dua kaleng, mie Instan sepuluh bungkus, yang nanti akan diserahkan oleh Banser NU dan Kokam, di dampingi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) maupun Dinas Sosial PMD Barito Barsel ke Desa – Desa yang terdampak banjir.

“Pemprov kalteng maupun pemda barsel selalu memantau Perkembangan Banjir yang terjadi di wilayah ini,” ucapnya, Selasa (13/12).

Pada tahun 2022 lanjut ia, selaku Pj Bupati Barsel pihaknya sudah 3 sebanyak tiga kali mengirimkan bantuan banjir. Khususnya di lima Desa di Kecamatan Dusun Hilir. Yaitu Desa Batampang, Desa Batilap, Desa Mahajandau, Desa Sungai Jaya, dan Desa Muara Puning sebanyak 2459 Paket Sembako maupun pelayanan kesehatan gratis.

“Demikian juga bantuan untuk korban banjir bandang di Gunung Bintang Awai Kecamatan Dusun Utara juga kami berikan bantuan sembako dan Logistik, serta Pelayanan Pengobatan Gratis, juga mendirikan Dapur Umum, Evakuasi yang di dirikan di tempat bencana,” terangnya.

Selanjutnya, Pemkab Barsel melalui BPBD, Dinsos PMD, PUPR dan Dinas terkait lainnya, akan melakukan pemulihan kondisi masyarakat, berupa penanganan pasca banjir yang terjadi, rehabilitasi dan rekontruksi pasca banjir terhadap fasilitas umum, seperti jalan, sekolah, pasar dan lainnya.

“Saya selaku Pj Bupati Barito Selatan berharap pada masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah rawan bencana banjir, khususnya yang berpenghuni di bantaran sungai untuk selalu siaga. Waspada terhadap bencana banjir, terutama musim penghujan. Baik Waspada banjir kiriman maupun banjir bandang,”imbuhnya.

Lebih dalam di sampaikannya, bahwa 10 ribu paket bantuan tersebut, di berikan oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran. Untuk yang memberikan pendampingan dari BPB-PK Provinsi Kalteng, Ketua Banser NU Provinsi Kalimantan Tengah dan Ketua Bansor NU Kabupaten Barito Selatan.

Kemudian, Ketua Kokam Muhammadyah Provinsi dan Ketua Kokam Kabupaten Barisel, Kepala Dinas Sosial DSPMD Barsel, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barsel.(gor).

Total Page Visits: 572 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *