Pentingnya Pemahaman Empat Pilar Kebangsaan di Masyarakat Drs Hermon: Sosialisasi Wawasan Kebangsaan jadi Tugas Kita Bersama

PURUK CAHU – Empat Pilar Kebangsaan merupakan kumpulan nilai nilai luhur bangsa yang harus dipahami oleh seluruh masyarakat, dan merupakan panduan kehidupan ketatanegaraan, untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat.

Nilai nilai luhur ini adalah Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Menurut Buku Materi Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang memiliki 214 halaman yang diterbitkan oleh Sekretariat Jenderal MPR RI menjelaskan bahwa setiap pilar memiliki tingkat, fungsi dan konteks yang berbeda.

Posisi Pancasila tetap ditetapkan sebagai nilai fundamental berbangsa dan bernegara, pengamalan nilai-nilai empat pilar diharapkan dapat mengukuhkan jiwa kebangsaan, nasionalisme, dan patriotisme generasi penerus bangsa untuk semakin mencintai dan berkehendak untuk
membangun negeri ini.

Sekretaris Daerah Kabupaten Murung Raya Drs Hermon Msi yang menghadiri Apel Peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Gedung B Kantor Bupati Mura mengatakan bahwa, dengan momentum hari lahirnya Pancasila ini pemerintah daerah mengajak seluruh masyarakat Mura untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap Indonesia.

“Mari kami mengajak seluruh masyarakat Murung Raya di semua lapisan untuk menerapkan empat pilar ini dalam kehidupan sehari hari demi kemajuan negeri dan daerah kita tercinta ini,” kata Sekda saat diwawancarai wartawan, Selasa (1/6).

Hermon juga mengimbau untuk masyarakat bisa menggunakan media sosial untuk hal hal positif, tentunya untuk mensosialisasikan nilai nilai kebangsaan ini. Terlebih generasi muda dalam dunia pendidikan, dapat lebih dipertebal lagi kecintaannya dengan NKRI.

“dengan menggunakan teknologi dan informasi tentunya bisa menjadi sarana yang tepat untuk bersama sama meningkatkan kecintaan kita terhadap negeri kita ini sehingga upaya kita membangun negeri dan daerah kita dapat tercapai,” pungkasnya.

Total Page Visits: 498 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *