Pencegahan Tindak Kriminalitas di Tengah Sulitnya Perekonomian

SAMPIT – Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Parimus mengingatkan, harus ada antisipasi tindak kriminalitas. Mengingat di saat ekonomi sulit seperti saat ini diprediksi angka kriminal akan cenderung meningkat. Seperti pencurian, perampokan, pencopetan dan lainnya.

“Faktor ekonomi yang carut marut berimbas pada tingginya angka kriminalitas. Maka dari itu di saat seperti ini hendaknya sebagai masyarakat harus berhati-hati. Apalagi yang meninggalkan rumah untuk liburan,” kata Parimus, Kamis (21/4/2021).

Ia menyebutkan, untuk menekan angka kriminalitas terus menjalin sinergi Pemkab Kotim terlebih mengambil langkah preventif salah satunya dengan kembali menggalakkan siskamling. Untuk siskamling ini minimal terdapat satu pos dalam satu RT.

“Tantangannya sendiri ada pada upaya membina keamanan lingkungan berasal dari unsur masyarakat langsung,” ujarnya.

Bahkan Parimus menyarankan, untuk kawasan perumahan yang siang hari sepi hendaknya diaktifkan penjagaan di siang hari. Pasalnya ada sindikat yang masuk dan mencuri di perumahan saat siang hari ketika penghuni bekerja.

Pihaknya berkeyakinan kalau hanya sekadar membangun pos kamling secara fisik dalam waktu singkat Pemkab Kotim atau siapa saja mudah melakukannya. Namun yang sulit adalah merawat dan memelihara sistem keamanan lingkungan itu sendiri.

Dia mengatakan jika keadaan ekonomi yang kian terpuruk seperti ini memang mendunia. Tidak hanya dirasakan di Kotim. Tapi untuk menghadapinya kedepan Kotim bisa menekan dengan cara menggalakan ekonomi kerakyatan.

”Kemudian perlu pemikiran menghidupkan kembali lumbung desa, guna menunjang pertumbuhan dan perkembangan ekonomi perdesaan atau ekonomi kerakyatan,” demikiannya.
(re)

Total Page Visits: 594 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *