Seleksi Calon Peserta Paskibraka Diambil dari 15 Sekolah di Gumas

KUALA KURUN –  Sekitar 72 orang peserta didik dari (SMA) Sekolah Menengah Atas, (SMK) Sekolah Menengah Kejuruan, dan (MA) Madrasah Aliyah. Hal itu, dilakukan untuk  mengikuti seleksi calon anggota (Paskibraka) Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di tingkat Daerah Kabupaten Gunung Mas (Gumas)  tahun 2021.

 

Sekretaris Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gumas Rosalia, mewakili Kadisnya Esra di GPU Tampung Penyang, Senin (29/3/2021) menjelaskan bahwa seleksi paskibraka tersebut hasil dari seleksi dari setiap sekolah yang ada di kabupaten setempat.

 

“Sebanyak 72 orang siswa-siswi dari SMA, SMK, MA sederajat yang pada hari ini untuk mengikuti seleksi calon peserta Paskibraka, baik tingkat kabupaten dan provinsi. Sedangkan siswanya dari 15 sekolah yang ada,” katanya.

 

Seleksi ini, lanjut dia, tujuannya untuk mempersiapkan mereka agar menjadi pemuda-pemudi yang handal dan berkemampuan tinggi, dalam hal kebersamaan. Dalam kekompakan dan sebagai satu kesatuan  bersatu untuk paskibraka.

 

“Memang kegiatan seperti ini sudah menjadi agenda tahunan yang bukan hanya menjadi rutinitas belaka, tetapi merupakan salah satu alat untuk membentuk karakter generasi muda yang cerdas, terampil, disiplin, tanggung jawab, serta memiliki rasa cinta kepada NKRI,” ujarnya.

 

”Seleksi ini dimaksudkan untuk mempersiapkan mereka agar menjadi pemuda-pemudi yang handal dan berkemampuan tinggi, dalam hal kebersamaan yang kompak sebagai satu kesatuan yang bersatu dalam paskibraka,” ujarnya.

 

 

Sementara itu, Kabid Kepemudaan selaku Ketua Panitia, Siren menjelaskan, bahwa jumlah mereka diambi dari 15 sekolah yakni SMAN-1 Manuhing dua orang, SMAN-1 Manuhing Raya satu orang, SMAN-1 Sepang enam orang, SMAN-1 Mihing Raya dua orang, SMKN-1 Mihing Raya dua orang, SMAN-1 Kahayan Hulu Utara dua orang, dan SMAN-1 Damang Batu dua orang.

 

Selanjutnya, kata dia, dari SMAN 1 Kurun 29 orang, SMKN-1 Kurun enam orang, SMAN-2 Kurun dua orang, SMA Katolik dua orang, MA Nurul Yaqin satu orang, SMAN-1 Tewah tujuh orang, SMAN-1 Rungan lima orang, SMAN-1 Rungan Barat tiga orang.

 

“Serta seleksi ini akan dilaksanakan selama dua hari yakni 29-30 Maret, yang bertempat di Lapangan Olahraga Isen Mulang Kuala Kurun, kalau tujuannya untuk menghimpun dan membina agar menjadi peserta didik berjiwa Pancasila, setia dan patuh pada NKRI, serta menjadi pandu ibu pertiwi,” jelas dia. (KR)

 

 

 

 

Total Page Visits: 1226 - Today Page Visits: 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *