Pos Lantas Takaras Rinaksa Sakalamandala Resmi Beroperasi

KUALA KURUN – Pos Lalu Lintas (Lantas) Takaras Rinaksa Sakalamandala yang terletak di Desa Takaras, Kecamatan Manuhing, Kabupaten Gunung Mas (Gumas), akhirnya diresmikan dan beroperasi. Sebelumnya melalui proses rehabilitasi atau perbaikan kembali.

 

Acara tersebut diresmikan langsung Kapolres Gumas AKBP Rudi Asriman, dengan dihadiri oleh Camat Manuhing Landerson, (Kades) Kepala Desa Takaras, Kades Taringen, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan perwakilan (PBS) Perusahaan Besar Swasta yang berada di Kecamatan Manuhing.

 

“Pos Lantas Takaras ini untuk membantu terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcar lantas), khususnya di wilayah Manuhing dan sekitarnya,” ucap Kasat Lantas Polres Gumas, AKP Rikky Operiady S,Sos SIK, Rabu (17/3/2021).

 

Selain itu, kata dia, kalau melihat dari karakteristik wilayah, wilayah Kecamatan Manuhing itu jaraknya sangat jauh dengan Polres Gumas. Jadi dengan adanya personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) disana, diharapkan dapat mewujudkan kamseltibcar lantas.

 

“Sedangkan untuk Personel yang bertugas di Pos Lantas Takaras itu, nantinya dapat memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat, terkait etika dalam berlalu lintas di jalan,” akuinya.

 

Akan tetapi saat ini, lanjut pria lulusan akpol ini menyebut,  di Pos Lantas Takaras tersebut sudah ada (Kapospol) Kepala Pos Polisi, Sedangkan anggota satlantas masih ditempatkan disana secara bergantian dari Polres Gumas.

“Jadi setiap 15 hari, secara bergantian dua personel satlantas kami tempatkan disana untuk membantu kapospol,” terangnya.

 

Tambah dia menuturkan, bahwa ada dua jalur pintu masuk ke Kabupaten Gumas, yakni jalur Kecamatan Sepang yang melintasi Kabupaten Pulang Pisau, dan jalur di Kecamatan Manuhing yang melintasi Kota Palangka Raya. Untuk di Kecamatan Sepang, sudah tersedia pos lantas disana dan dinilai layak.

 

“Kalau Pos Lantas Takaras memang masih belum memadai. Untuk itu, kami menginisiasi melakukan perbaikan dengan menambah bangunan pos, demi kenyamanan personel yang ada disana, sesuai dengan petunjuk dari kapolres,” tukas pria yang menyandang balok tiga dipundaknya itu. (KR)

 

Total Page Visits: 2012 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *