Mahasiswa UPR, KKNT Mandiri di Gumas Ditempatkan 17 Desa

KUALA KURUN – Sebanyak 274 orang mahasiswa dari (UPR) Universitas Palangka Raya, diberangkatkan dan tiba di Kabupaten Gunung Mas (Gumas), guna untuk melaksanakan pengabdian kemasyarakat dan (Pemda) Pemerintah Daerah Gumas melalui (KKNT) Kuliah Kerja Nyata Tematik Mandiri ini.

 

Menyingkapi itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gumas melalui (Bappedalitbang) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Gumas menerima dan penyambutan mahasiswa UPR melaksanakan KKNT Mandiri di 17 desa empat kecamatan, wilayah setempat.

 

“Kami dari Bappedalitbang menyambut baik dan menerima kedatangan dari mahasiswa UPR yang melaksanakan KKNT Mandiri di 17 desa dan 4 kecamatan yang ada di Kabupaten Gumas, yang mana untuk membantu dalam mengatasi percepatan penurunan Stunting di desa maupun kelurahan,” ucap Kepala Bappedalitbang Kabupaten Gumas Yantrio Aulia, Rabu (10/3/2021).

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Gumas Yantrio Aulia tengah menerima plakat dari Ketua LPPM UPR Dr Ir Aswin Usup di aula Bappedalitbang.

Selain itu, jalas dia untuk membantu pengentasan kemiskinan yang ada di tingkat desa dan kelurahan. Termasuk lanjut dia, mempercepat pecapaian 18 tujuan SDG’s Desa berkelanjutan yang ada di bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau itu. Sedangkan pengabdian mahasiswa ini buka kali pertama, namun kedepan akan ada perubahan akan dilakukan berkerjasama dengan LPPM.

 

 

“Dengan adanya kerjasama dengan LPPM ini nanti maka akan direvisi KKNT Madiri ini menjadi lebih baik, bukan hanya dilaksakan satu bulan tetapi menjadi waktu yang lebih lama, akan memberikan efek yang lebih bagus, begitujuga Pemda segera melakukan kerjasama bersama stakeholder untuk menyusun arah dari pengabdian mereka bisa dimanfaatkan sebagai kekuatan baru dan determinan baru,” ujarnya.

 

Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Mahasiswa (LPPM) (UPR) Universitas Palangka Raya Dr Ir Aswin Usup, M.Sc mengatakan, mahasiswa yang diturunkan sebanyak ratusan itu dilaksanakan di sejumlah tempat yakni di tiga kabupaten seperti Katingan, (Mura) Murung Raya dan salah satunya di Kabupaten Gumas.

 

“Karena di Kabupaten Mura sempat dinyatakan lockdownd, kemungkinan mereka KKNT Mandiri ini kemungkinan akan ditempatkan di Kabupaten Pulang Pisau dan Gumas. sedangkan tujuan untuk membantu Pemda utamanya menyelesaikan beberapa program paling tidak mensosialisasikan seperti mengatasi stunting, cegah karhutla, Pembinaan UMKM dan membantu andministrasi desa,” terang Aswin.

 

Ditanyakan lama mahasiswa KKNT tersebut, lanjut Aswin, kurang lebih satu bulan akan dilakukan oleh mahasiswa KKN, kemudian dimuali sejak tanggal 10 Maret dan akan berakhir di tanggal 11 bulan April 2021 mendatang. Artinya, mereka sebelum puasa sudah kembali.

 

“Kami berharap di Kabupaten Gumas ini sebagai wadah KKNT yang berkelanjutan, dan setelah lebaran mungkin kami kembali mengirimkan mahasiswa yang sama untuk KKN, sedangkan KKN ini diikuti enam fakultas ada, Pertanian, Ekonomi, Teknik, Pendidikan, Hukum, dan Fisip,” pungkas dia. (KR)

Total Page Visits: 1083 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *