Ribuan Paket Sembako ‘Terbang’ Menuju Wilayah Terisolir Akibat Banjir

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya, melakukan pelepasan secara simbolis bantuan sosial korban Bbanjir melalui jalur udara, di Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, (16/9/20) pagi.
Pelepasan ribuan paket sembako bantuan tersebut, menggunakan tiga unit helikopter water booming BNPB oleh tim Tagana Dinsos dan BPBD Provinsi Kalteng. Yang diberangkatkan ke beberapa kabupaten, untuk membawa bantuan bagi korban banjir.
“Kemarin melalui jalur darat, sudah sampai ke Lamandau dan wilayah lainya. Nah untuk wilayah yang terisolir atau tidak bisa dilewati mobil, harus menggunakan helikopter. Jadi Total keseluruhan paket sembako yang dibagikan di tiga kabupaten, berjumlah 1.941 paket sembako. Nanti wilayah lainya menyusul, ini dilakukan secara bertahap, untuk membantu warga terdampak banjir. Mudah mudahan bantuan dari pemerintah ini dapat membantu dan meringankan beban warga,” kata Gubernur Sugianto Sabran, saat memgecek sembako di dalam helikopter.
Disampaikan Gubernur, penyaluran bantuan sosial untuk masyarakat terdampak banjir, sudah dilakukan sejak tanggal 15 September 2020. Total sembako yang disalurkan untuk korban banjir di Kalteng berjumlah 20.000 paket sembako, yang di distribusikan secara bertahap dibawa dari Kota Palangka Raya menuju ke daerah.
“Mudah-mudahan banjirnya cepat surut.
Namun kami siapkan antisipasi sembako untuk warga, dalam menghadapi kondisi banjir ini. Mengenai dampak dari segi kesehatan, untuk makan sehari-hari, kami akan siapkan karena ini kewajiban pemerintah. Termasuk juga obat obatan dan posko kesehatan dari Dinkes Provinsi,” sebut gubernur.
Penyaluran bantuan Pemprov Kalteng, untuk masyarakat terdampak banjir yang diditribusikan melalui jalur udara, antara lain di wilayah Kabupaten Katingan berjumlah 1.369 paket sembako, masing-masing untuk Kecamatan Katingan Hulu 175 paket sembako, Kecamatan Marikit berjumlah 76 paket sembako dan Kecamatan Sanaman Mantikei, berjumlah 1.118 paket sembako. Hal ini sesuai data pengecekan awal di wilayah masing masing.
Selain itu, di Kabupaten Kapuas sebanyak 557 paket sembako, yang didistribusikan di Kecamatan Mandau Talawang. Sementara, untuk Kabupaten Murung Raya berjumlah puluhan paket sembako, yang didistribusikan di Kecamatan Permata Intan.
“Terimakasih tim Tagana dan BPBD, yang bekerja dalam melayani, serta bisa minta bantu dari kawan kawan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, untuk penyaluran kepada warga terdampak banjir,” tutup gubernur. (S1)
Total Page Visits: 473 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *