Bekal Tugas Lapangan, Prajurit Kodim 1011/Klk Dilatih Beladiri Taktis

FOTO: Prajurit Kodim 1011/Klk menerima pelatihan berupa materi dan praktek bela diri taktis langsung dari pencipta beladiri taktis, Eka Aris Suhartanto di Aula Bambang Kristanto Bawono Makodim 1011/Klk Kuala Kapuas, Jumat (24/05/2024).

Seorang prajurit TNI harus selalu siap untuk melaksanakan tugas lapangan setiap saat dan kapan diperlukan. Sehingga wajib selalu mengasah keterampilan agar tugas-tugas Negara bisa dijalankan dengan baik.

Hal ini yang menjadi perhatian Komandan Kodim (Dandim) 1011/Klk, Letkol Inf Khusnun Dwi Putranto S.E. Dari berbagai keterampilan yang penting diasah seorang prajurit, beladiri taktis merupakan salah satu yang bisa menunjang tugas di lapangan tersebut.

“Semoga dengan Pelatihan ini nantinya personel Kodim 1011/Klk lebih siap dalam melaksanakan tugas di lapangan.” ujar Letkol Inf Khusnun Dwi Putranto, Sabtu (25/05/2024).

Sementara itu, sebagai pelatih dan pencipta beladiri taktis, Eka Aris Suhartanto asal Yogyakarta menjelaskan, bahwa beladiri taktis ini berbeda dengan beladiri lainnya. Karena beladiri ini selalu melatih anggotanya mempersenjatai diri dengan benda apapun.

Menurut Eka Aris, beladiri ini bisa meningkatkan reflek para prajurit. Sehingga dapat menyelamatkan diri dan menyerang balik dengan teknik yang tepat.

“Beladiri ini tidak ada hapalan,  prajurit dilatih dengan metode penguasaan cepat sehingga beragam teknik muncul secara spontan dan aplikatif,” jelasnya.

Saat melatih di Kodim 1011/Klk, Eka Aris mengaku selama proses latihan para peserta menunjukan semangat dan antusias yang tinggi. Karena latihan dikemas menarik dan menyenangkan.

“Peserta menguasai berbagai macam taktik dan teknik dalam waktu dua hari di akhir Latihan, mereka diuji dengan perkelahian bebas dan sekenario gangguan-gangguan yang terjadi dalam tugas mereka,” katanya.

Ia juga menyebut Letkol Inf Khusnun Dwi Putranto setiap mejabat sebagai Dansat selalu mendatangkan pelatih beladiri taktis. Hal itu dilakukan untuk melatih anggotanya ketika bertugas dimanapun.

“Karena beladiri Taktis sudah terbukti dapat diaplikasikan di lapangan,”pungkasnya.(NO*)

Total Page Visits: 75 - Today Page Visits: 5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *