Ladang Pahala Dibalik Corona

Penulis: Julius M. Sinaga

Waktu menunjukan hampir pukul 10.00 pagi, lorong pasar yang biasanya penuh sesak oleh warga yang berbelanja, kini kosong melompong tiada berpenghuni.

Matahari enggan menunjukan sinarnya dan awan pun terlihat mendung, seolah prihatin dengan kondisi pilu yang menimpa penduduk dunia, karena sedang diterpa “Badai” Corona (Covid 19).

Disalah satu jalan, hanya terlihat beberapa petugas menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, sedang sibuk berjaga untuk menertibkan masyarakat yang berkerumun, serta bagi yang tidak menggunakan masker.

Keharusan melanjutkan hidup semakin berat, bagi masyarakat yang sebagai pembeli ataupun yang berjualan, lantaran dalam keseharian diwajibkan jaga jarak dan dilarang bersentuhan langsung sesama insan Tuhan.

Menyikapi kesusahan masyarakat tersebut, ada salah satu perusahaan yang memiliki terobosan jitu untuk membantu kesulitan masyarakat, yang ingin tetap bisa mencari sesuap nasi ditengah pandemi Covid 19.

Ide brilian tersebut dicetuskan oleh perusahaan, yang bernama PT. Adaro Indonesia.

Dengan terobosan briliant tersebut, menumbuhkan lagi harapan masyarakat untuk bisa bertahan hidup, ditengah wabah virus yang telah merenggut jutaan nyawa manusia.

Terobosan dan beberapa bantuan kepada masyarakat dari PT. Adaro Indonesia itu, membuat warga yang menggunakannya bisa bertahan hidup, dan bagi yang memberikannya mendapatkan harta yang tak ternilai, yaitu pahala.

Karena tidak bisa kita pungkiri, dalam hidup ini ada yang lebih berharga dari keuntungan materil, yaitu pahala yang hakiki.

Bantuan demi bantuan juga terus diberikan oleh PT. Adaro Indonesia, salah satunya membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masyarakat di wilayah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) khususnya Kecamatan Dusun Hilir, Jenamas dan Karau Kuala.

Dengan memberikan pelatihan, pendampingan, pemasaran dan permodalan. Hal-hal tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat, apalagi pada masa pandemi yang sangat mengkhawatirkan.

Jadi ide brilian tersebut berada di bagian pemasarannya, yaitu PT. Adaro Indonesia langsung bekerjasama dengan salah satu flatform digital terkenal yaitu Tokopedia.

Kerjasama itu untuk membantu masyarakat memasarkan hasil UMKM nya ke jenjang yang lebih luas, sejak tahun 2021 lalu.

Dengan adanya kerjasama tersebut membuat masyarakat tetap dapat berjualan dan menghasilkan uang secara online, tanpa harus berinteraksi langsung.

Bahkan masyarakat diberikan pelatihan untuk menyusun produk-produknya sendiri, agar lebih menarik pembeli di UMKM Adaro yang ada di Tokopedia.

Selain itu pada masa pandemi Covid 19, PT. Adaro Indonesia juga memberikan bantuan 1 buah mobil ambulance pada tahun 2020 kepada Pemkab Barsel, untuk merawat penderita atau korban yang tejangkit Covid 19. Serta memberikan ribuan APD, masker, vaksinasi gratis dan mesin ventilator udara ke Rumah Sakit Jaraga Sasameh Buntok.

“Untuk CSR PT. Adaro Indonesia ada 5 bidang bantuan kepada masyarakat yaitu, ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial budaya dan lingkungan. Sekarang untuk kesehatan kita fokus bantu penanganan stunting, operasi katarak, ibu hamil dan bayi, membantu peralatan kesehatan di puskesmas dan beasiswa untuk Bidan. Serta baru kemarin dalam rangka ulang tahun Adaro, kami membagikan ribuan sembako kepada masyarakat,” kata Firmansyah sebagai CSR Department Head PT. Adaro Indonesia.

Sambungnya, untuk bidang lingkungan pihaknya membantu dengan membuat bank sampah bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Barsel, Desa proklim, sekolah-sekolah peduli lingkungan, dan pemberian beberapa kendaraan pengangkut sampah.

“Untuk bidang pendidikan kita memberikan beasiswa kepada putra putri terbaik Barsel untuk berkuliah di universitas bergengsi, yakni Institut Pertanian Bogor (IPB), dan semua biayanya ditanggung oleh PT. Adaro Indonesia,” ungkapnya.

Penjabat (Pj) Bupati Barsel Dr. H.Deddy Winarwan,M.Si mengapresiasi kepedulian PT. Adaro Indonesia, yang terus membantu warga masyarakat yang ada disekitar wilayahnya beroperasi.

“Selama saya menjalankan tugas sebagai Pj Bupati, terlihat kerjasama dan sinergi Pemkab Barsel dan PT. Adaro Indonesia sangat baik. Kita salut terhadap keseriusan dan kepedulian PT. Adaro kepada masyarakat diwilayah Barsel. Dimulai dengan adanya kegiatan kita penanganan stunting, melalui gerakan bapak dan bunda asuh stunting yang di support oleh PT. Adaro, serta memberikan beasiswa bagi pelajar,” terangnya.

Ia menambahkan, selain itu PT. Adaro juga membantu para petani dan UMKM, dengan dikirim ke Provinsi Lampung untuk study banding pengelolaan Nenas di PT. Great Giant Pineapple, salah satu perusahaan besar pengalengan Nenas di Indonesia.

“Saya sangat mendukung program-program yang bersifat positif dari PT. Adaro, mudah-mudahan kedepan tetap bisa bersinergi dengan Pemkab Barsel untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Barito Selatan,” harapnya.

Hal positif yang didapatkan dengan menggunakan pasar online Tokopedia untuk berjualan di masa pandemi, diakui oleh salah satu pelaku UMKM bernama Putri Bainah Rahmah (37), Warga Kecamatan Dusun Hilir, Barsel, lantaran dirinya mengaku sangat terbantu dengan penjualan online tersebut.

“Sangat membantu sekali kerjasama PT. Adaro dengan Tokopedia, karena kami tidak perlu bertemu langsung untuk berjualan. Namun tetap mendapatkan hasil yang lumayan dari pembeli yang berasal dari seluruh Indonesia,” ucapnya.

Hal senada diungkapkan Direktur Rumah Sakit Jaraga Sasameh Buntok, dr Norman Wahyu, lantaran pihaknya sangat terbantu dengan pemberian APD, ventilator udara bahkan mobil ambulance dari PT. Adaro Indonesia untuk masyarakat yang terserang Covid 19 pada tahun 2020 lalu.

“Karena tenaga kesehatan merupakan ujung tombak pada saat pandemi kemarin, jadi bantuan seperti APD, ventilator udara dan mobil ambulance sangat-sangat berguna. Selain menyembuhakan pasien yang tertular Covid 19, juga mencegah para tenaga kesehatan dapat tertular,” pungkasnya.

Total Page Visits: 1197 - Today Page Visits: 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *