Pengelolaan Keuangan Desa dengan Baik diharapkan Membantu Suksesnya Pembangunan

BUNTOK – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barsel tak henti-hentinya meminta sekaligus mengimbau agar semua aparat desa di wilayah Kabupaten Barsel untuk lebih maksimal dalam pengelolaan keuangan desa. “Sebab pengelolaan keuangan desa diharapkan bisa membantu sukses dan lancarnya pembangunan dari tahun ke tahun,” kata Rida Sri Ahlina, Selasa 17 Oktober 2023.

Legislator ini juga mengatakan, bahwa desa memiliki peran sentral dalam menunjang kesuksesan pembangunan daerah yaitu sebagai tempat pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat walaupun dalam kenyataannya banyak pengelolaan keuangan desa yang belum memiliki manajemen baik.

“Maka dari itu, seringkali terjadi kesimpangsiuran data dan inilah yang mendasari semuanya maka dirasa perlu untuk secara kontinyu dilaksanakanya pelatihan Pengelolaan Keuangan desa setiap tahunnya,” sarannya.

Perlu diketahui, kata legislator wanita asal Partai Berkarya Barsel itu, bahwa Alokasi Dana Desa
(ADD) merupakan dana untuk membangun fasilitas di suatu desa serta untuk membantu pula
kesejahteraan dari masyarakatnya. Menurut wakil rakyat dapil I Barsel itu, bahwa ADD bukan
merupakan milik pribadi atau pemegang dana di suatu desa, sehingga harus dikelola sesuai dana
maupun peruntukan yang ditetapkan.

Dengan adanya program –program pembangunan di tingkat desa setiap tahunnya, sudah tentu
sangat membantu majunya pembangunan di tingkat desa. “Karena program –program pembangunan itu mampu memberikan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat di desa,”ungkapnya.

Wanita berkerudung itu kembali berharap, dengan besarnya dana ADD sejak tahun 2016 hingga tahun 2023 ini, kiranya aparat desa bisa mempergunakannya tepat sasarannya. “Dengan penggunaan ADD tepat sasaran itu, diyakni pula pembangunan di tingkat desa agar bisa merata dan terus meningkat seiring kemajuan jaman,”ujarnya.(RED)

Total Page Visits: 106 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *