Perayaan HUT Bidan Ke 72, Pj Bupati Barsel Sebut Peran Bidan Sangat Penting

BUNTOK- Perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia (IB1) ke 72 Tahun 2023 Kabupaten Barito Selatan (Barsel) di buka dan di hadiri oleh Pj Bupati Barsel beserta Sekda di wilayah tersebut.

Dalam sambutanya, Pj Bupati Barsel Deddy Winarwan mengatakan, bidan muncul sebagai wanita pendamping dan menolong ibu melahirkan.

Peran bidan di masyarakat sangat dihargai dan dihormati karena tugasnya yang sangat mulia dengan memberi semangat, membesarkan hati dan mendampingi serta menolong ibu melahirkan. Bahkan, sampai dengan merawat bayi dengan baik.

“Bidan dapat bekerja mandiri melakukan pelayanan kebidanan primer sesuai dengan wewenangnya dan menentukan perlunya dilakukan rujukan,” ucapnya, Senin (28/8) di GPU Jaro Pirarahan Buntok.

Di samping itu, perannya di dalam pelayanan kolaboratif sebagai mitra dalam pelayanan medis terhadap ibu, bayi dan anak sebagai anggota tim kesehatan dalam pelayanan kesehatan keluarga dan masyarakat.

Melihat peran bidan di Indonesia, yaitu dengan membantu persalinan tapi sekarang bidan itu vang menjadi penyuluh juga menjadi pendamping bahkan menjadi penggerak dari pembangunan
khususnya kesehatan reproduksi.

“Kehadirannya membantu Pemerintah saat ini, ada di semua desa di Indonesia baik yang padat penduduknya maupun yang terpencil di pelosok-pelosok. Ini betul-betul menjadi ujung tombak dari upaya peningkatan derajat kesehatan,”terangnya.

Menurutnya, saat ini yang menjadi PR besar kita di Kabupaten Barito Selatan adalah mencegah stunting dan 6 fokus utama yang harus kita kerjakan yaitu pemberian obat tambah darah (FE) ibu hamil minimal 90 tablet.

Selama kehamilan, ibu hamil mengikuti kelas ibu hamil 4 kali selama kehamilan, membawa balita ke Posyandu untuk memantau tumbuh Pemberian Makanan Tambahan Balita (PMBA).

Kemudian, jamban sehat
dan cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), dari 6 Fokus
utama ini ada 2 yang di kerjakan bidan yaitu
Pemberian Tablet FE dan Kelas Ibu, dan 4 lainnya
terintegrasi dengan program kesehatan lainnya.

Kemudian, organisasi IBI harus menjadi organisasi yang memperkuat persatuan dan persaudaraan dalam wadah Bukti. “Mari kita cintai profesi bidan ini dengan Dalam Transformasi Kesehatan Pelayanan Kebidanan Berkesinambungan Berbasis kesehatan di Indonesia Peringatan HUT
Tahun 2023,” jelasnya.

Dengan komitmen, bidan dalam pembangunan
Untuk Penguatan IBI ke 72 terus berkontribusi dalam yang turut membangun derajat kesehatan masyarakat. Dharma bakti bidan di wilayah Kabupaten Barito Selatan Barito Selatan

“Saya mengucapkan selamat atas Hari Ulang
kehamilan, kehamilan, persalinan, nifas dan kesehatan masyarakat mulai dari sebelum
Saya berharap IBI Kabupaten Barito Selatan bisa
memberikan pelayanan kesehatan lingkungan dan sekali lagi saya ucapkan selamat ulang tahun,tutupnya.(gor).

Total Page Visits: 629 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *