Dewan Minta Minta Pemkab Barsel Kembali Anggarkan Dana Bosda

BUNTOK – Komisi III DPRD Barsel meminta pemerintah kabupaten supaya menganggarkan kembali dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) bagi sekolah yang ada di wilayah setempat. “Hal tersebut berdasarkan aspirasi dari sejumlah sekolah pada saat Komisi III DPRD Barito Selatan (Barsel) melaksanakan kunjungan kerja beberapa waktu lalu di sejumlah desa,” kata Hermanes Ketua Komisi III, Senin 29 Mei 2023.

Menurut dia, untuk dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang berasal dari pemerintah pusat, tidak cukup untuk operasional sekolah, apalagi bagi sekolah-sekolah yang berada di daerah terpencil.

“Dengan dana BOS yang ada itu tidak mampu untuk biaya operasional sekolah pada desa terpencil dalam setiap bulannya,” jelas Hermanes. Atas hal itu, sejumlah sekolah mengharapkan kepada pemerintah kabupaten bisa kembali menganggarkan dana Bosda tersebut. Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan ini juga menyampaikan, secara pribadi, dirinya sangat sepakat kalau dana Bosda tersebut dianggarkan kembali.

“Kita sangat sepakat dan mendukung, karena pada waktu saya masih menjadi aparatur sipil negara (ASN), saya pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Barito Selatan,” ucapnya.

Menurut dia, dirinya sangat mengetahui secara persis bagaimana sulitnya sekolah-sekolah terutama yang berada di desa terpencil yang jaraknya sangat jauh dari ibu kota kabupaten.

“Apabila mereka datang untuk urusan sekolah ke Kota Buntok, otomatis kepala sekolah atau guru
harus menginap, sedangkan biaya operasionalnya sangat terbatas,” jelasnya. Berdasarkan aspirasi sejumlah sekolah itu, kata Hermanes, mengharapkan kepada pemerintah kabupaten bisa menganggarkan kembali dana Bosda tersebut.(RED)

Total Page Visits: 84 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *