Pelaku Penggelapan Minyak CPO di Barsel Terancam 4 Tahun Penjara

BUNTOK,- Polres Barito Selatan (Barsel) mengungkap dan mengamankan pelaku HS warga Jl. Jelapat, Kecamatan Dusun Selatan (Dusel) sebagai tersangka penggelapan minyak CPO atau minyak sawit mentah, Rabu (19/10).

Kapolres Barsel AKBP Yusfandi Usman di dampingi Kasat Reskrim Polres Barsel Iptu M. Saladin menjelaskan, bahwa Irwan selaku transportir RMJ menerima laporan dari pengawas yang ada di lapangan melalui WhatsApp.

Bahwa, ada satu truk tangki warna kuning dengan nopol KH 805 D yang di bawa oleh tersangka HS yang berisi minyak CPO dicurigai telah di campur dengan air.

Mendapat laporan itu, Irwan melakukan koordinasi dengan polres barsel. Pada hari itu juga, beberapa unit yang turun langsung menuju TKP pelabuhan jelapat untuk mendampingi tim teknis perusahaan agar di lakukan pengecekan.

Pengecekan di lakukan dari pukul 8.30 hingga sampai pukul 09.00 WIB dan di dapati bahwa benar kandungan dalam minyak CPO telah tercampur dengan air. Kemudian, HS langsung di bawa ke mako polres untuk di lakukan pemeriksaan.

Hasil dari pemeriksaan, bahwa benar HS mengakui melakukan hal tersebut dengan cara perjalan dari pabrik sawit, dirinya melakukan modus kencing dan singgah di daerah Desa Mangaris yang dimana telah disiapkan tempat penampungannya.

“Telah ada tempat penampungannya di daerah itu, modus penggelapan dengan singgah berpura pura kencing. Pelaku sudah dua kali melakukan ini. Total minyak CPO 8 ton dan di gelapkan satu ton kemudian di gantikan satu ton menggunakan air dicampur diterjen merk rinso,”bebernya, Selasa (1/11) di halaman Makopolres Barsel.

Dari pengembangan penampungan minyak CPO di Desa Mangaris ikut disita dan akan terus di dalami. “Dua ton yang ada di penampungan Mangaris kami sita, 2 buah mesin pompa, 1 selang spiral, 1 spiral biru diameter berbeda, selang bening 13,80 meter, 3 bungkus plastik rinso,” ungkapnya.

Untuk total kerugian kurang lebih sebanyak 20 juta rupiah dan pasal yang disangkakan masuk 372 penggelapan maksimal 4 tahun penjara.(S2).

 

Total Page Visits: 494 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *