Mantap Barsel Raih ‘Quattrick’ WTP

BUNTOK – Prestasi membanggakan, karena selama kepemimpinan Bupati Barito Selatan (Barsel) H Eddy Raya Samsuri ST dan Wakil Satya Titiek Atyani Djoedir, kabupaten tersebut kembali menorehan keberhasilannya dalam hal penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

Sehingga Kabupaten Barsel, kembali berhasil meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) atas LKPD Tahun Anggaran 2020 untuk yang keempat kalinya.

Acara penyerahan, Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Barsel tahun anggaran 2020 tersebut bertempat di gedung Auditorium BPK RI Kalteng Jum’at (28/5/2021).

Penyerahan LHP tersebut, juga disiarkan secara virtual yang disaksikan oleh 11 dari kabupaten/kota penerima LHP di Provinsi Kalteng.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Barsel Akhmad Akmal Husaen SSTP.MA mengatakan, LHP BPK-RI tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK-RI Provinsi Kalteng Ade Iwan Ruswana yang diterima langsung oleh Bupati Barsel H Eddy Raya Samsuri ST.

“Yang juga, disaksikan oleh 11 Kepala Daerah, Ketua DPRD, Sekda dan Inspektur Kabupaten/Kota se-Kalteng serta juga disiarkan secara virtual yang disaksikan oleh 11 dari 14 kabupaten/kota  di Provinsi Kalteng,”Katanya.

Dikatakan Akhmad Akmal Husaen, dengan raihan opini WTP yang keempat kalinya ini diharapkan menjadi motivasi bagi seluruh perangkat daerah Kabupaten Barsel.

“Untuk bisa, melakukan pengelolaan keuangan daerah dengan lebih baik lagi dan melaporkannya sesuai Standar Akuntansi Pemerintah,”Katanya.

Diungkapkannya, seperti yang pernah dirinya sampaikan, bahwa raihan opini WTP ini bukan berati tidak ada kekurangan. Akan tetapi, kekurangan tersebut masih dalam batas sesuai dengan standar akuntansi pemerintah dan kekurangan inipun telah disampaikan oleh BPK-RI melalui LHP untuk menjadi bahan tindak lanjut oleh pemerintah daerah.

“Maka menjadi bahan, perbaikan kita selanjutnya sehingga pada pemeriksaan laporan keuangan di tahun-tahun berikutnya setidaknya kita semakin lebih baik lagi,”Ungkap Akhmad Akmal Husaen.

Lebih lanjut ditambahkannya, raihan opini WTP yang keempat kalinya ini juga diharapkan sebagai momentum untuk memperbaiki serta meningkatkan kinerja kita dalam pelayanan publik tentunya untuk kesejahteraan masyarakat.

“Selain itu juga, capaian ini bisa terus ditingkatkan dan dipertahankan lagi agar kualitas penyelenggaraan keuangan di Kabupaten Barsel semakin lebih baik lagi,”tandas Akhmad Akmal Husaen.

Acara penyerahan, LHP atas LKPD Kabupaten Barsel tahun anggaran 2020 tersebut selain di hadiri Bupati Barsel H Eddy Raya Samsuri ST juga dihadiri Wakil Ketua I DPRD Barsel H Moch Yusuf Kalem, Inspektur Kab. Barsel Liharfin SK, SIP., M.Si. dan Kepala BPKAD Barsel Akhmad Akmal Husaen SSTP.MA. (S1)

Total Page Visits: 699 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *