Dilatih TNI, Dasar Bela Negara Diikuti CPNS Kejari dan PPNPN Pertanahan Gumas

Kepala BPN Kabupaten Gumas Ferdinan Adinoto, usai jadi irup dan langsung  menyematkan tanda perserta pelatihan dasar bela negara di depan Kantor Kejari Gumas, Jumat (19/2/2021).

 

 

 

 

 

KUALA KURUN – Berdasarkan, Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN wajib menjalani masa pencobaan melalui proses pelatihan terintegrasi. Hal itulah dilakukan, Kejaksaan Negeri (Kejari) bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Gumas, melakukan pelatihan dasar bela negara ke puluhan CPNS dan PPNPN (Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri) di daerah setempat.

 

Kepala BPN Kabupaten Gumas Ferdinan Adinoto mengatakan, bahwa pelatihan dasar bela negara tersebut, rangka program di zona integritas, diantaranya pokok kerja (Pokja) managemen perubahan ASN dan PPNPN Kantor Pertanahan di Kabupaten Gumas.

 

“Tujuan dilakukannya pelatihan dasar bela negara ini, sebenarnya untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat, sehingga dapat merobah daripada pola pikir atau mind set dan budaya atau culture set mereka ASN Kejari dan PPNPN Kantor Pertanahan kita yang ada di Kabupaten Gumas ini,” ucap Ferdinan Adinoto saat jadi irup diupacara itu, Jumat (19/2/2021).

Sedangkan untuk perserta pelatihan dasar bela negara ini, dijelaskan dia, dari Kantor Pertanahan persertanya diperkirakan sebanyak 20 orang PPNPN, dan dari Kejaksaan sekitar ada sembilan orang serta ditambah dari Pengadilan Negeri Kurun sekitar satu, sehingga totalnya sebanyak 30 orang.

 

“Jadi kami berharap dengan adanya kegiatan yang dikoordinir oleh Pabung Kodim 1016/Plk di Gumas Kapten Inf M Ayyuf bersama Kejaksaan ini, harapannya bisa meningkatkan kualitas mereka sebagai ASN dan PPNPN, sehingga kinerja, tugas mereka bisa meningkat, dan memang ini harus dimiliki oleh mereka nantinya,” imbuh dia.

 

Hal senada dikatakan, Pabung Kodim 1016/Plk di Gumas ini Kapten Inf M Ayyuf menyebut, pelatihan bela negara itu akan dilaksanakan selama tiga hari, dimulai pada Jumat hingga berakhir Minggu (21/2/2021) ini. Dia berharap kepada peserta supaya bisa memiliki wawasan kebangsaan yang tinggi, berkarakter, mempunyai semangat, tangguh, berdisiplin, dedikasi, dan mempunyai kinerja yang baik dikemudian hari.

 

“Sedangkan didalam pelatihan ini akan kami berikan seperti  wawasan kebangsaan, bela negara, peraturan baris-berbaris, peraturan penghormatan militer (PPM) hanya itu saja,” ujarnya.

 

Sementara itu, Kejari kabupaten Gumas Anthony SH melalui Kasi Datun Janang M. A Ronu SH menuturkan bahwa kegiatan itu bekerjasama dengan BPN, TNI dan Pengadilan Negeri mengirimkan CPNS berserta security, berharap mereka tersebut mempunyai standart untuk kesepahaman bela negara.

 

“Karena 30 orang perserta ini dari seluruh Indonesia, sehingga mereka ini nanti bisa memupuk rasa sifat nasionalisme mereka. Kemudian bisa meminimalisir pemahaman negatif, baik kesukukuan dan lainnya serta persiapan untuk mengikuti prajabatan diklat teknis lainnya, maka dapat membanggakan instansi yang ditempati oleh mereka,” pungkas Janang. (Kr/VB)

Total Page Visits: 402 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *