Komisi I Dukung Pemilihan Badan Permusyawaratan Desa Tahun 2021

BUNTOK– Jajaran Komisi I DPRD Barito Selatan (Barsel) mendukung pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pada tahun 2021, namun tetap meperhatikan protokol kesehatan COVID-19.

“Kami mengharapkan dalam pelaksanaannya tetap mengacu kepada prokes Covid-19, antara lain menyiapkan tempat mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak,” kata ketua komisi I DPRD Barsel, Raden Sudarto kepada Voice Borneo, Selasa (19/1).

Ia mengatakan, pemilihan ketua BPD beserta anggotanya dinilai penting dan dibutuhkan oleh masyarakat desa setempat, serta BPD juga diperlukan untuk melaksanakan pencairan dana desa.

“BPD itu juga berperan penting dalam perkembangan suatu desa, contohnya apabila tidak ada BPD maka otomatis dana desa tidak dapat dicairkan,” terangnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan dukungannya dalam penyelenggaraan pemilihan BPD, yang rencananya tidak dilaksanakan secara serentak di 65 desa.

Serta memperhatikan situasi dan kondisi perkembangan penyebaran Covid-19 pada suatu desa yang akan menyelenggarakan pemilihan.

Yang berarti, lanjut dia, apabila di suatu desa masuk dalam zona merah penyebaran Covid-19 maka pemilihan hanya boleh dilakukan secara keterwakilan saja.

Sebaliknya, apabila desa masuk dalam zona hijau maka diizinkan untuk menyelenggarakan pemilihan BPD secara langsung.

“Pada prinsipnya kita mendukung saja, yang penting pemilihannya sportif dan artinya tidak lepas dari peraturan yang sudah ditetapkan,” pungkasnya.(S2).

Total Page Visits: 486 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *