Mentan dan Gubernur Kalteng Cek Kesiapan Tanam Padi Presiden Joko Widodo

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran, bersama Forkopimda Kalteng, mendampingi Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo beserta jajaran, meninjau lokasi panen raya lahan milik warga, pendukung ketahanan pangan (Food estate), di Desa Gadabung, Kabupaten Pulang Pisau, Sabtu (12/9/2020) sore.
Rombongan menuju ke Desa Belanti Siam, lokasi wilayah Food Estate, yang akan dilakukan penanaman padi perdana oleh Presiden Joko Widodo dan sejumlah Menteri Kabinet.
“Alat mesin pertanian (Alsintan) kita dorong dari kementrian, untuk melakukan pengolahan sawah oleh warga. Kita siapkan satu minggu, bisa membajak sawah sampai puluhan hingga ratusan hektare. Ini program nasional yang bagus, dan ketahanan pangan ini sangat membantu masyarakat nantinya, baik Kalteng, Indonesia dan dunia. Ini harus kita genjot untuk kesuksesanya. Segera lakukan berbagai kesiapan, agar penanaman padi ini berjalan baik dan nantinya, bisa panen dengan luar biasa,” kata Syahrul.
Mentan juga mengecek langsung alsintan yang sudah digunakan, oleh warga dalam membajak sawah. Untuk nantinya bisa bersama sama Presiden, Menteri dan warga menanam padi bersama.
“Saya melihat warga setempat yang memiliki sawah, semangat dalam bercocok tanam. Ini luar biasa untuk menjaga ketahanan pangan, serta meningkatkan ketahanan pangan kita,” jelas Mentan.
Sementara itu Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, menyampaikan berbagai kesiapan mulai infrastruktur dan lokasi, juga dilakukan kesiapan semuanya.
“Siap pak Menteri. Kami segera berkoordinasi baik dari Pemprov, Pemkab, TNI/Polri, hingga koordinasi dengan Kementrian, untuk kelancaran penanaman Padi oleh pa Presiden dan warga nantinya,” tegas Sugianto. (git)
Total Page Visits: 569 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *