Keberadaan Bidan Sangat Berperan di Sektor Kesehatan

KUALA KURUN – Seluruh bidan di Kabupaten Gumas diminta untuk memberikan kontribusi dalam melayani masyarakat, khususnya pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA), KB, dan reproduksi, sehingga mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

”Keberadaan bidan sangat berperan di sektor kesehatan. Selama ini, saya menilai bidan terus bekerja menekan angka kematian ibu dan bayi hingga stunting,” kata Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Gumas Iceu Purnamasari, Selasa, 12 September 2023.

Dia menuturkan, organisasi IBI yang menaungi para bidan juga dapat memberikan motivasi kepada seluruh bidan untuk berkarya melayani masyarakat. Pelayanan yang diberikan berupa mengajak ibu hamil memeriksakan kandungan ke fasilitas kesehatan.

”Kalau memeriksakan kehamilan ke fasilitas kesehatan, maka diharapkan tumbuh kembang janin akan terpantau dan mencegah terjadi peningkatan angka kematian ibu dan bayi,” ujarnya.

Politisi Partai Golkar ini juga berpesan kepada semua bidan di Kabupaten Gumas agar terus memberikan pemahaman mengenai bahaya pernikahan di usia anak sehingga dapat mencegah stunting pada bayi dan hal lain yang tidak diinginkan.

”Jadi tidak hanya memberikan penanganan dalam proses persalinan, tetapi bidan juga harus memberikan pemahaman ke masyarakat terkait bahaya pernikahan usia anak, dan pentingnya ibu hamil memeriksakan kandungan ke faskes,” tandas Iceu.(RED)

Total Page Visits: 80 - Today Page Visits: 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *