Wabup Mura Ajak Seluruh Masyarakat Lestarikan Budaya Daerah

Puruk Cahu – Bupati Murung Raya (Mura) Rejikinoor mengajak seluruh masyarakat tanpa terkecuali untuk melestarikan budaya daerah.

Menurutnya adat istiadat serta budaya daerah merupakan identitas masyarakat, sehingga jika hal tersebut tidak dilestarikan dan di perkenalkan kepada ditengah-tengah masyarakat khususnya generasi muda maka cepat atau lambat geberasi muda akan kehilangan identitasnya.

“Ini tugas kita bersama untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya lokal kita setempat, seperti yang dilakukan masyarakat Desa Panuut Kecamatan Murung saat rombongan kami berkesempatan mengunjungi desa tersebut. Kita disambut dengan Tarian Daerah Japen Kumbang Bernaung,” kata Rejikinoor saat di konfirmasi wartawan, Sabtu (2/09/2023).

Menurutnya hal ini perlu menjadi perhatian dari seluruh pemerintah desa dengan bersama tokoh adat, tokoh masyarakat setempat untuk terus melestarikan adat budaya.

“Jangan sampai budaya kita terkikis oleh kemajuan jaman, generasi penerus perlu diwariskan sehingga terjaga dengan baik warisan para leluhur kita,” imbuh Wabup.

Wabub yang akrab disapa Kinoi juga mendorong jajaran dinas terkait khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dapat mengatur regulasi ataupun mewajibkan pelestarian budaya lokal ini di setiap tingkat pendidikan.
“Selain menjaga kelestarian cagar budaya, identitaa budaya kita pun perlu dilestarikan, seperti tari-tarian yang disuguhkan oleh masyarakat Desa Panuut ini,” harapnya. (RED)

Total Page Visits: 100 - Today Page Visits: 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *