Dewan Minta Pemkab Pantau Harga Bahan Pokok Berkala

PURUK CAHU – Pada bulan Ramadan hingga menjelang lebaran idulfitri persoalan barang pokok yang harga dan ketersediannya bisa plugtuatif dapat menjadi blunder di tengah masyarakat. Untuk itu pemerintah harus memberikan jaminan terhadap ketersediaan bahan pokok hingga harga yang terjaungkau.

Wakil Ketua II DPRD Mura Rahmanto Muhidin, menilai terutama untuk harga dan ketersediaan bahan pokok selalu menjadi tradisi tahunan yang harus diperhatikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Mura khususnya instansi terkait ketika memasuki bulan Ramadan hingga menjelang lebaran Idulfitri.

Rahmanto berharap agar monitoring terhadap ketersediaan bahan pokok harus tetap diperhatikan sehingga sedini mungkin dapat dilakukan langkah kebijakan yang tepat guna memberikan rasa kenyamanan bagi masyarakat.

Antisipasi kelangkaan dan kenaikan harga bahan pokok harus dilakukan. Maka setidaknya monitoring harga dan ketersediaan bahan pokok harus terus dilakukan oleh pemerintah melalui instansi terkit seperti Dinas Perindagkop dan UKM,” kata Rahmanto, Sabtu (25/3/2023).

Ia sendiri menilai bahwa beberapa langkah kebijakan yang diambil oleh Pemda Mura cukup baik terutama dalam menstabilkan harga kebutuhan pokok dengan melakukan penekanan terhadap para pedagang untuk tidak memanfaatkan kondisi dan tren musiman, seperti pada bulan Ramadan dan lebaran.

“Bisa dicek di pasar dan sejak dulu apabila ada kenaikan diharga, alasan karena setiap bulan Ramadan ada kenaikan atau semacam tradisi. Kami melihat kemarin pemerintah provinsi bersama pemerintah kabupaten dan TPID sudah turun langsung ke lapangan, sudah bagus,” ucapnya.

“Kita meminta agar dilakukan pemantauan setiap harinya terhadap harga dan ketersediaan bahan pokok. Yang terpenting juga pastikan tidak ada pedagang yang menimbun barang sehingga menimbulkan kelangkaan terhadap barang yang dibutuhkan, seperti beras, gula dan lainnya,” tukasnya.(Red).

Total Page Visits: 133 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *