Disdukcapil Mura Aktifkan Indentitas Kepandudukan Digital

PURUK CAHU, Voiceborneo.com– Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Murung Raya ( Mura) mulai melaksanakan pengaktifan Identitas Kependudukan Digital (IKD), atau lebih dikenal KTP Digital.

Pengaktifan dimulai dari Wakil Bupati Mura Rejikinoor saat launching yang dilaksanakan di halaman Kantor Disdukcapil Mura Puruk Cahu, Selasa (21/2).

Kepala Disdukcapil Murung Raya, Regita dalam laporanya mengatakan untuk tahun 2023 ini pihaknya menargetkan sebanyak 18.674 orang atau 24 persen dari total perekaman E-KTP sudah mengaktifkan IKD di Murung Raya.

Hal ini kita lakukan dalam rangka menguatkan komitmen dan menyamakan persepsi seluruh jajaran Dukcapil Murung Raya guna mendukung kemudahan pelayanan publik dan penyelenggaraan Pemilu 2024, serta mendorong integrasi dan digitalisasi data kependudukan lainnya dengan layanan,” ungkap Regita.

Dalam rangka mendukung pelaksanan Pemilu 2024, Regita menjelaskan Disdukcapil Murung Raya sudah melaksanakan perekaman wajb KTP pemula di sekolah, perekaman waiib KTPEd desa/kelurahan dan kecamatan dan sinkronisasi data dalam aplikasi SIAK melalui proses pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil yang berubah karena diterbitkan akta kematian, serta penduduk pindah dan datang

“Juga melaksanakan pemutakhiran data kependudukan di seluruh desa/kelurahan se Kabupaten Murung Raya dengan bekerjasama antara KPU dan Dukcapil melalui PKS pada tanggal 9 Januari 2023 lalu,” jelas Regita.

Sementara itu Wakil Bupati Murung Raya, Rejikinoor mengatakan penggunaan identitas kependidikan digital merupakan hal yang strategis bila dikaitkan dengan isu digitalisasi global saat ini, dan perkembangan teknologi sekarang.

“Penggunaan IKD ini juga dalam rangka mencapai tujuan reformasi birokrasi, yaitu yang
mewujudkan pemerintahan terbuka, partisipatif, inovatif, akuntabel, meningkatkan kualitas pelayanan meningkatkan instansi publik serta kolaborasi antar pemerintah dalam melaksanakan tugas dan urusan pemerintahan,” pungkas Wabup.(Red).

Total Page Visits: 183 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *