Pj Bupati Murung Raya Dr. Hermon, M.Si “ Gubernur Mengingatkan, Karhutla Di Kalimantan Tengah Harus Jadi Perhatian Prioritas Pemerintah Daerah Kabupaten/kota “

PURUK CAHU, Di sela kunjungan Pj. Bupati Murung Raya Dr. Hermon ,M.Si di Markas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Murung Raya ,Propinsi Kalimantan Tengah ,Senin, 2/10 kemaren lalu .

Kunjungan tersebut, dalam rangka meninjau secara langsung kesiapan personil Tim Reaksi Cepat BPBD sekaligus melakukan koordinasi dengan semua pihak dalam semua upaya penanggulangan atau pencegahan terjadinya bahaya Kebakaran Hutan Dan Lahan di semua area kawasan Murung Raya secara keseluruhan .

Di kesempatan tersebut, Dr.Hermon selaku Pejabat Bupati Murung Raya kepada awak media menegaskan bahwa semua ini adalah merupakan sebuah amanah yang harus di laksanakan sehubungan dengan semakin meningkat terjadinya kebakaran hutan dan lahan selama ini di hampir semua kawasan Propinsi Kalimantan Tengah secara umum dan Murung Raya terkhususnya .

Ini merupakan amanah, ketika beberapa waktu lalu kami di panggil ke Kementerian Pusat , sebut Pj Bupati Mura .

Panggilan tersebut sehubungan dengan apa dan bagaimana kesiapan Pemerintah daerah dalam menanggulangi terjadinya bahaya kebakaran hutan dan lahan .

Disamping itu pula Gubernur Kalimantan Tengah ( H. Sugianto Sabran ) secara langsung kembali mengingatkan kepada semua Pejabat Bupati ,bahwa peristiwa terjadinya kebakaran hutan dan lahan di hampir semua wilayah Kalimantan Tengah, harus menjadi perhatian utama dan prioritas dari Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota , tegasnya Pj. Bupati Murung Raya Dr. Hermon, M.Si

Semua itu mengingat karena sebelumnya terdapat banyak spot – spot titik api yang tersebar di hampir semua wilayah , beber Pj. Bupati Mura tersebut

Namun, imbuhnya kemudian, kita patut mensyukuri belakangan ini spot – spot titik api tersebut, kini sudah mulai adanya penurunan atau telah mereda .

Lebih lanjut Pj. Bupati Murung Raya kembali menegaskan, kemampuan Pemerintah ( Pemkab Mura ) itu terbatas ,maka oleh karenanya sangat di perlukan adanya hubungan kerjasama yang sinergis dari semua pihak ,baik itu dari kalangan masyarakat, maupun pihak pelaku dunia usaha .

Hubungan kerjasama ini begitu sangat penting ,sebagai wujud dari kebersamaan dan tanggung jawab kita semua dalam semua upaya menanggulangi terjadinya bahaya kebakaran hutan dan lahan, ujar Pj Bupati Mura menegaskan .

Dalam kesempatan itu juga, tak lupa Pj. Bupati Murung Raya ini menghimbau kepada semua pihak, utamanya BPBD agar diwaktu senggang atau tidak adanya kegiatan pemadaman, agar waktu waktu senggang tersebut dapat dimanfaatkan untuk selalu memberikan penguatan kepada masyarakat .

Penguatan dimaksud baik berupa pelatihan dan sosialisasi serta edukasi agar supaya masyarakat kita punya peningkatan kemampuan secara mandiri dalam menghadapi ancaman bencana salah satunya kebakaran hutan dan lahan tersebut .

Tambahnya lagi, memberikan pemahaman sebagai edukasi kepada masyarakat merupakan poin yang penting dalam penanggulangan terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan, misalkan seperti memberikan pengenalan ( mengenali-red ) risiko, Penyadaran akan risiko bencana dan serta Perencanaan penanggulangan .

Semua itu, bertujuan untuk meminimalisir kan segala kemungkinan terjadinya kebakaran hutan secara meluas , pungkas Pj. Bupati Murung Raya Dr. Hermon, M.Si .

Kita menyadari terjadinya kebakaran hutan dan lahan ini cendrung terjadi di kawasan yang jauh dari daerah perkotaan maupun pemukiman .

Oleh karena itu, saya menghimbau agar bagi semua pihak yang berada dekat dengan jangkauan tempat terjadinya kebakaran ,agar dengan segera mengambil tindakan penanggulangan atau pencegahan ,baik itu kalangan masyarakat kecamatan, kelurahan dan desa atau maupun pihak pelaku dunia usaha ( Perusahaan- red ) yang berada di dekat tempat kejadian, ujar Pj Bupati Murung Raya Dr. Hermon , M.Si

Sementara diwaktu bersamaan, Kepala BPBD Murung Raya Fitrianul Fahriman yang saat itu mendampingi Pj. Bupati Mura, menambahkan penjelasan keterangan sehubungan kesiapan pihaknya di semua upaya penanggulangan terjadinya bahaya kebakaran hutan dan lahan.

Fitrianul, menjelaskan selain adanya Pos Komando ( Posko-red ) Induk, pihak ya juga telah membangun 3 Posko lainya yang ditempatkan di daerah Tumbang Lahung – Kecamatan Permata Intan, di KM.45 Kecamatan Tanah Siang, dan Desa Hingan Tokung Kecamatan Muara Tuhup .

Selain Posko Induk, kami juga mendirikan 3 Posko lainya , diantaranya Posko di Tumbang Lahung Kecamatan Permata Intan, Posko di Km 45 guna untuk meng- Counter di wilayah Kecamatan Tanah Siang dan Posko di Desa Hingan Tokung Kecamatan Laung Tuhup, Terang Kepala BPBD

Sambungnya lagi, semua Pos Komando Tim Reaksi Cepat BPBD tersebut akan memberikan respon yang maksimal dalam setiap adanya gejala kebakaran hutan dan lahan di semua wilayah area murung raya , beber Fitrianul Fahriman (RED)

Total Page Visits: 75 - Today Page Visits: 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *