Dewan Minta Masyarakat Turut Melestarikan Kearifan Lokal

KUALA KURUN – Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Polie L Mihing mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, agar dapat turut melestarikan kearifan lokal atau budaya Dayak di Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau.

“Perkembangan kemajuan teknologi sudah pesat dan ditakutkan akan mengikis budaya hingga kearifan lokal. Untuk itu, kami minta ke masyarakat agar tetap menjaga budaya, jangan sampai tergerus oleh perkembangan zaman,” katanya, Jumat, 22 September 2023.

Politisi Partai Hanura ini menuturkan, hampir semua wilayah kecamatan di Kabupaten Gumas sudah terjangkau jaringan telekomunikasi maupun internet, sehingga masyarakat dengan mudah mengakses semua hal yang diinginkan.

“Harus diakui perkembangan teknologi dan modernisasi tidak bisa terbendung, dimana semua memiliki hak dan kepentingan untuk mengakses. Kemudahan layanan teknologi seperti ini yang sangat mempengaruhi budaya lokal kita,” jelasnya.

Dia pun mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kearifan lokal, seperti gotong royong, seni, budaya, dan sejenisnya. Semua itu merupakan warisan nenek moyang dan menjadi identitas masyarakat Dayak di Kabupaten Gumas.

“Kearifan lokal kita tidak hanya sebagai identitas diri, tetapi juga sebagai wadah atau sarana bagi kita untuk selalu bersikap positif, ramah, serta menjaga adat istiadat,” pungkasnya.(RED)

Total Page Visits: 86 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *