Tiwah Masal Salah Satu Ritual Sakral Bagi Umat Hindu Kaharingan

KUALA KURUN – Kabupaten Gunung Mas (Gumas) memiliki beragam kebudayaan yang harus terus dilestarikan. Salah satunya ritual sakral bagi Umat Hindu Kaharingan, yakni tiwah massal, seperti yang baru saja berlangsung di Kelurahan Rabambang, Kecamatan Rungan Barat.

“Dari sisi budaya, acara tiwah massal secara tidak langsung, bisa mengenalkan budaya daerah kita ke dunia luar, dan pastinya akan mendatangkan wisatawan untuk mengetahui pelaksanaan ritual tiwah itu,” kata Ketua DPRD Kabupaten Gumas, Akerman Sahidar, Jumat, 15 September 2023.

Selain itu, dengan semakin banyaknya wisatawan khususnya dari luar negeri yang berdatangan, tentu akan berpengaruh positif bagi peningkatan sektor pariwisata, yang akan mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor tersebut.

“Kedatangan wisatawan juga harus dimanfaatkan dengan memperkenalkan budaya yang kita miliki, sehingga nanti mereka akan semakin penasaran, dan kembali lagi untuk berkunjung ke daerah ini,” terangnya.

Politisi PDIP ini mengakui, akan selalu mendukung setiap kegiatan pemerintah kabupaten (pemkab) setempat, sepanjang itu hal yang positif, bermanfaat, dan membantu masyarakat daerah ini. “Semua kegiatan positif yang dilakukan pemkab akan selalu kami dukung, karena pasti itu juga akan bermanfaat bagi masyarakat kita,” pungkasnya.(RED)

Total Page Visits: 125 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *