Ciptakan Pemilu Damai

KUALA KURUN – Pelaksanaan deklarasi pemilu damai tahun 2024 telah dilakukan, antara pemerintah daerah, kepolisian, TNI, forum koordinasi pimpinan daerah, penyelenggara maupun peserta pemilu, elemen masyarakat, parpol, serta instansi terkait.

”Deklarasi damai menjadi komitmen bersama untuk menciptakan pemilu berjalan aman dan damai, serta momentum penting dalam memperkuat demokrasi,” kata Ketua DPRD Kabupaten Gumas Akerman Sahidar, Senin, 11 September 2023.

Dia mengatakan, deklarasi damai akan memberikan ruang kebebasan masyarakat untuk berkumpul dan menyampaikan pendapat. Selain itu, caleg serta tim sukses diminta untuk tidak saling menjelekkan dan menjatuhkan, serta lebih bijak dan dewasa dalam berdemokrasi. diharapkan berjalan dengan aman, lancar, adil, dan demokratis,” tuturnya.

Politisi PDIP ini berharap kepada penyelenggara pemilu, baik itu KPU dan Bawaslu setempat, agar selalu menjaga netralitas sehingga berdampak pada kamtibmas yang kondusif. ”Kedua lembaga itu harus bekerjasama dan menjalin hubungan baik, sehingga tidak terjadi konflik yang dapat menganggu ketertiban dan keamanan daerah ini,” ujarnya.

Di pemilu tahun 2024, terdapat berbagai potensi kerawanan yang memerlukan perhatian serius untuk diantisipasi sejak dini. Dengan demikian, tidak berkembang menjadi gangguan nyata, yang mengganggu dan menghambat penyelenggaraan pemilu. ”Seluruh pihak harus berperan aktif menjaga kondusifitas kamtibmas dengan cara tidak mudah terpancing maupun melakukan tindakan provokatif, menyebarkan berita hoaks dan isu SARA,” pungkasnya.(RED)

Total Page Visits: 88 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *