Pelaku UMKM Mendapat Pelatihan Mengolah Keripik Rebung

KUALA KURUN – Belasan pelaku UMKM mendapat pelatihan pembuatan keripik rebung, yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Kabupaten Gumas. Salah satu narasumber pada pelatihan itu yakni Anggota DPRD Untung Jaya Bangas.

“Ada 15 pelaku UMKM yang dilatih mengolah keripik rebung. Hal ini sangat baik untuk meningkatkan keterampilan para peserta terkait proses pembuatan keripik rebung, sehingga menjadi sumber usaha,” kata Anggota DPRD Kabupaten Gumas Untung Jaya Bangas, Kamis 3 Agustus 2023.

Selama ini, masyarakat hanya dapat memanfaatkan rebung untuk olahan sayuran, tanpa mengetahui bagaimana cara mengolah rebung menjadi produk cemilan ringan yang memiliki nilai jual di pasaran. “Rebung dapat diolah menjadi salah satu produk olahan cemilan ringan dengan rasa lezat dan gurih, yang digemari anak-anak hingga orang tua,” tuturnya.

Dengan pelatihan ini, peserta diharapkan dapat mempraktekkan apa yang sudah didapatkan dari pelatihan, dengan membuka usaha rumahan pembuatan keripik rebung, sehingga cemilan ringan
dari rebung dapat dikenal di masyarakat luas. “Diusaha rumahan, produk olahan pembuatan keripik rebung juga harus dikemas lebih menarik dan tahan lama. Apabila itu dilakukan, maka produk yang kita miliki tidak akan kalah menarik dengan makanan khas dari daerah lain,” terangnya.

Dia menuturkan, produk lokal seperti keripik rebung harus terus dikembangkan, karena memiliki
peluang usaha yang menjanjikan. Dengan perkembangan dunia pariwisata di Kabupaten Gumas, maka makanan ringan seperti ini akan semakin banyak diminati dan dicari.

“Disinilah pentingnya inovasi dan kreativitas dari pelaku UMKM dalam mengolah keripik rebung yang enak, menarik dan unik. Itu semua akan menarik minat dari konsumen,” jelasnya. Melalui pelatihan tersebut, diharapkan bisa mengasah inovasi dan kreativitas para pelaku UMKM dalam membuat olahan makanan ringan, sehingga tetap terus dicintai dan dikenal oleh masyarakat.(RED)

Total Page Visits: 63 - Today Page Visits: 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *