Tingkatkan Pengawasan Cegah Penyalahgunaan Dana Desa

KUALA KURUN – Pemerintah pusat terus berupaya untuk meningkatkan pengawasan penggunaan dana desa, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Ini dilakukan agar dana itu tidak disalahgunakan.

“Peningkatan pengawasan penggunaan dana desa akan mencegah kepala desa (kades) dan perangkatnya menyalahgunakan anggaran tersebut,” tegas Ketua DPRD Kabupaten Gumas Akerman Sahidar, Jumat, 21 Juli 2023.

Politisi PDIP ini menilai pengawasan ketat terhadap penggunaan dana desa sangat diperlukan, sehingga menjamin anggaran tersebut tepat sasaran yakni untuk kepentingan masyarakat desa, bukan malah kepentingan pribadi maupun kelompok.

“Ini merupakan kebijakan yang harus diberlakukan, agar seluruh kades dan perangkat desa berpikir ulang jika ingin menyalahgunakan penggunaan dana desa tersebut,” tegasnya. Dia mengatakan, setiap anggaran yang dikeluarkan melalui dana desa, harus berbentuk nyata dan manfaatnya dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.

“Jangan sampai kades dan perangkatnya menggunakan dana desa tidak sesuai peruntukkan, sehingga pada akhirnya nanti hanya akan menjerat mereka ke permasalahan hukum,” ujarnya. Dia mengakui, dalam setiap pertemuan bersama dengan kades, dari legislatif selalu menghimbau kepada mereka, agar menjalankan setiap perencanaan pembangunan di desa dengan baik, sesuai yang tertuang dalam APBDes.

“Jangan sampai perencanaannya menyimpang dari APBDes. Selalu taati dan jalankan penggunaan dana desa tersebut dengan baik dan bertanggung jawab, demi kemajuan desa,” pungkasnya.(RED)

Total Page Visits: 70 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *