Wakil Ketua DPRD Ingatkan Untuk Berhati-hati Mengelola Dana Desa

KUALA KURUN – Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Gumas Binartha mengingatkan seluruh kepala desa untuk selalu berhati-hati dalam mengelola dana desa, baik itu yang bersumber dari APBD maupun APBN.

“Kami ingatkan seluruh kades agar mengelola dana desa yang disalurkan sesuai peruntukkan. Jangan melakukan hal yang diluar aturan atau ketentuan,” tegas Binartha, Minggu, 9 Juli 2023.

mengatur pelaksanaannya, agar tidak berurusan dengan hukum. Jangan sampai ada kades yang
terjerat hukum karena ketidaktahuan terhadap aturan. “Berbagai kasus hukum yang menimpa sejumlah kades akibat menyalahgunaan dana desa, dapat menjadi pembelajaran kades lain untuk tidak berbuat hal yang sama,” tuturnya.

Pria yang akrab disapa Obin ini menyarankan, jika ada hal yang masih belum dipahami, maka kades harus sering bertanya kepada dinas terkait atau kecamatan, serta kades juga diimbau untuk banyak belajar terkait aturan dalam pelaksanaan tugas membangun desa. “Kami ingin seluruh kades harus bekerja sesuai aturan yang berlaku, bukan hanya untuk memenuhi keinginan dan pendapat pribadi saja. Utamakan kepentingan dan kesejahteraan masyarakat desa,” ujarnya.

Dia menambahkan, berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 5 Tahun 2015, dana desa digunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana desa, pemenuhan kebutuhan dasar, pengembangan potensi ekonomi lokal, dan pemanfaatan sumber daya alam serta lingkungan secara berkelanjutan.

“Regulasinya itu sudah ada yang mengatur. Apabila kades menyimpang dari regulasi yang ditetapkan dalam penggunaan dana desa, maka dipastikan akan berurusan dengan hukum,” tandasnya.(RED)

Total Page Visits: 76 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *