SDM Manusia Berkualitas di Masa Depan di Mulai Sejak Anak Berusia Dini.

Puruk Cahu – Bertempat di aula Bappelitbangda. Kamis (6/7/2023), dilaksanakan Rapat Koordinasi penyusunan Rancangan Aksi Daerah Gugus Tugas Kota/Kabupaten Layak Anak (KLA) Kabupaten Murung Raya tahun 2023.

Rapat ini merupakan momen penting, khususnya komitmen Pemkab Mura untuk menciptakan sumber daya manusia berkualitas di masa depan yang dimulai dari anak usia dini.

Hal ini dikatakan Asisten Administrasi Umum Setda Mura, saat membuka acara tersebut.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Bappelitbangda Pahala Budiawan, narasumber dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Elvi Hendrayani, sejumlah kepala perangkat daerah dan tamu undangan.

Asisten Administrasi Umum Setda Mura Batara menyampaikan, anak masa kini merupakan aset penentu masa depan Bangsa.

Sumber daya manusia unggul di masa depan seperti yang diharapkan, tidak tercipta dengan sendirinya.

SDM berkualitas harus dipersiapkan secara khusus melalui sebuah strategi dan sistem yang mampu mendukung terpenuhinya hak-hak anak sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal serta terlindungi dari berbagai tindak kekerasan dan diskriminasi.

“Secara umum tujuan kebijakan rencana aksi daerah KLA adalah untuk membangun sebuah sistem pembangunan anak yang lebih terintegrasi dan berkelanjutan kerena rencana aksi daerah KLA merupakan dokumen rencana yang memuat program/ kegiatan secara terintegrasi dan terukur yang dilakukan oleh organisasi perangkat daerah dalam jangka waktu tertentu sebagai instrumen mewujudkan Kabupaten Layak Anak,” kata Batara membacakan sambutan Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph.

Sementara, Pahala Budiawan yang juga selaku Ketua Gugus Tugas KLA Mura mengatakan, di tahapan awal perencanaan, perlu adanya pembentukan Gugus Tugas KLA yang terdiri wakil-wakil perangkat daerah setempat yang membidangi anak, baik secara langsung maupun tidak langsung, serta unsur masyarakat, media massa, dunia usaha dan perwakilan anak.

Pahala menambahkan, tujuan dari kegiatan tersebut untuk menguatkan komitmen dan peran Gugus Tugas KLA di Kabupaten/Kota.

Secara khusus melakukan pemetaan dan menguatkan peran strategis Gugus Tugas KLA dalam mendorong pelaksanaan KLA dan menyusun rencana aksi daerah KLA Kabupaten Murung Raya.

“Rakor Gugus Tugas penyusunan rencana aksi daerah itu perlu kita laksanakan. Keterlibatan Tim Gugus Tugas KLA Kabupaten Murung Raya sangat penting, guna mengkoordinasi dan menyinkronkan penyusunan rencana aksi daerah, mobilisasi sumber daya, dana dan sarana prasarana dalam rangka penyelenggaraan Kota/Kabupaten Layak Anak,” ungkap Pahala. (RED)

Total Page Visits: 73 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *