Apresiasi Langkah PemkabTerus Berdayakan UMKM

BUNTOK – DPRD Barito Selatan (Barsel) mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat yang terus meningkatkan pemberdayaan terhadap usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di daerah ini.

“UMKM sering dilibatkan dalam kegiatan yang dilaksanakan pemerintah kabupaten di sejumlah kecamatan dan desa,” kata Wakil Ketua DPRD Barsel, Nyimas Artika, Kamis, 23 Februari 2023.

Ia mengatakan, dengan diberikannya kesempatan itu, akan membuka peluang munculnya UMKM baru terutama ibu rumah tangga dalam mengembangkan bakat dan kreasinya dalam membuat berbagai aneka makanan.

“Dengan adanya kegiatan UMKM tersebut, bakat terpendam terutama ibu rumah tangga yang ada
di sejumlah kecamatan dan desa bisa dikembangkan,” ucap politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) Barsel itu.

Dikatakannya, melalui sejumlah kegiatan itu juga, sejumlah UMKM pada kelurahan dan desa dapat menunjukkan kreasi makanan dengan berbagai jenis. Kalau dikelola dengan baik akan dapat membantu menambah pendapatan bagi keluarga mereka masing-masing.

Ia mengharapkan Pemkab terus melakukan pemberdayaan dan secara rutin melaksanakan pelatihan kepada masyarakat, sehingga masyarakat betul-betul bisa mengembangkan bakat dan keinginan mereka dalam bidang tersebut. “Kapan perlu pelatihan dapat dilaksanakan di sejumlah desa kalau memang ada makanan khasnya. Itu juga dalam upaya mencari bakat-bakat yang terpendam pada suatu desa dalam membuat berbagai aneka makanan,” tambah dia.

Menurut wakil rakyat Barsel itu, pada saat dirinya menghadiri kegiatan di sejumlah kecamatan dan desa, ada sejumlah makanan yang khas yang belum pernah dilihat dan rasanya sangat enak. “Sejumlah produk makanan yang dibuat ibu rumah tangga pada sejumlah desa banyak kreasinya dan rasanya juga enak,” ucapnya.

Selain itu, Nyimas Artika juga mengapresiasi Pemkab Barsel yang beberapa waktu lalu telah melaksanakan pelatihan pengolahan makanan berbahan dasar buah, sayur, ikan dan daging.
“Itu merupakan salah satu langkah mengembangkan kreasi UMKM dalam mengolah aneka makanan berbahan dasar buah, sayur, ikan dan daging dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat,” ujarnya(RED)

Total Page Visits: 79 - Today Page Visits: 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *