Penting Amalkan Pancasila Dalam Satuan Pendidikan

SAMPIT, VOICEBORNEO.COM – Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Rinie Anderson mendorong agar semua satuan pendidikan hingga ke perguruan tinggi konsisten untuk menerapkan pembelajaran mengenai Pancasila.

Ini sangat penting seiring munculnya paham-paham yang berpotensi tidak mengakui keberadaan Pancasila sebagai dasar negara yang final itu.

“Saya harap agar Pancasila tidak hanya sebatas dihafal dan diketahui begitu saja tetapi yang terpennting adalah bagaimana pengamalannya dalam kehidupan bermasyarakat. Khususnya di tengah masyarakat yang heterogen,” kata Rinie, Senin 24 Januari 2022.

Maka dari itulah lanjutnya, mulai sejak dini sudah diajarkan mengenai Pancasila, setiap Upacara senin dilafalkan bersama. Ini tentunya ada maksud dan tujuan supaya Pancasila itu memang terpatri dalam benak kita sebagai warga negara Indonesia ini.

Rinie juga menekankan untuk mewaspadai paham-paham radikalisme yang kini tengah menjadi persoalan bangsa ini. Penyelesaian munculnya paham itu harus ditangani secara konprehensif.

“Tidak cukup hanya sekadar pemerintah tertapi juga peran dari guru sekolah, hingga dosen perguruan tinggi serta kampus-kampus yang rawan disusupi paham tersebut,” tegasnya.

Dijelaskannya, paham apapun selain Pancasila harus diperangi bersama, karena Bangsa Indonesia sudah menjadikan Ideologi Pancasila yang
tidak bisa ditawar-tawar lagi.

“Sebagai ideologi negara, Pancasila memiliki peran yang sangat dirasakan rakyat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sebagai pemersatu bangsa dan sebagai panduan rakyat Indonesia dalam berpikir, berperilaku, dan bertindak,” demikiannya.(Red)

Total Page Visits: 275 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *